Sukses

Spesifikasi dan Harga Honda Small RS Concept yang Dirilis di IIMS 2018

Otosia.com Gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia berlangsung hingga 11 hari. Ajang ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Pameran otomotif tersebut dinamai Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018. Tempat berlangsungnya pameran ini di JIExpo, Kemayoran, yang dilangsungkan dari tanggal 19-29 April 2018.

Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 banyak pabrikan mobil yang meluncurkan mobil atau motor terbaru. Bahkan pada ajang ini pula ada edisi spesial pada produk otomotif tertentu.

Presiden jokowi bahkan berminat untuk membeli Honda Gold Wing yang dipamerkan di ajang ini. Katanya dibeli untuk Paspamres-nya. Cek beritanya di sini.

Tak mau ketinggalan PT Honda Prospect Motor juga ikut dalam hingar bingar itu. Pabrikan ini meluncurkan beberapa varian baru dari produk keluarannya.

Yang paling menarik dari varian baru tersebut adalah diluncurkannya pertama kali mobil konsep di dunia yang khusus dipamerkan di IIMS 2018. 

Mobil konsep ini diberi nama Honda Small RS Concept. Kendaraan konsep ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia yang membutuhkan mobil mini yang sporty. Kendaraan ini dihadirkan sesuai dengan komitmen Honda “Drive Sporty” and "Drive Safely”.

Melansir Liputan6.com “menurut Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM, Honda Small RS Concept ini merupakan hasil studi terhadap kebutuhan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu Indonesia dipilih menjadi lokasi untuk world premiere-nya”.

“Misalkan nanti transportasi MRT sudah jadi, pengguna mobil ini bisa memarkirkan mobil berukuran compact dan melanjutkan perjalanan menggunakan MRT," ucap Jonfis.

RS Concept merupakan hatchback mungil yang dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific. Sayangnya, HPM tidak memberikan informasi terkait dengan rencana mesin yang akan digunakan dan juga transmisi milik RS Concept.

 "Untuk saat ini masih studi, belum tahu akan menggunakan mesin apa. Namun yang pasti, saat ini belum terpasang mesin dan bagian luar menunjukkan desain fungsional," ungkap Jonfis kepada wartawan.

 Jonfis juga menambahkan Small RS Concept tidak berbasiskan platform dari mobil yang sudah ada. Meskipun memiliki dimensi serupa dengan Brio, Jonfis menampik menggunakan platform yang sama.

Selain itu, jangan berharap dapat melihat versi produksi dari Honda Small RS Concept dalam waktu dekat, karena saat ini masih dalam tahap studi dan belum ada rencana produksi sama sekali.

Spesifikasi Honda Small RS Concept

PT Honda Prospect Motor selalu memberikan produk-produk yang sporty dan stylish yang nyaman digunakan. Kondisi ini juga tercermin pada Honda Small RS Concept.

Honda Small RS Concept menjadi perhatian dunia karena baru pertama kali diluncurkan. Kendaraan ini menyerupai bentuk Honda Brio dan Honda Mobilio. Walaupun DNA-nya hampir sama dengan kedua pendahulunya, Honda Small RS Concept tetap memiliki ciri khasnya tersendiri.

Honda Small RS Concept tentunya diciptakan dengan DNA Honda yang sangat khas. Ciri tersebut tampak pada bagian depan dari mobil ini yang sporty dan stylish.

Memang pada dasarnya mobil konsep ini diciptakan sporty untuk kalangan muda yang menginginkan pengalaman baru saat berkendara.  

Dari desain mobil sendiri yang paling menarik adalah disematkannya logo RS pada produk keluaran Honda ini. Tujuan di tempelkannya logo RS di depan mobil untuk memberikan identitas Sport, seperti varian pendahulunya Honda Brio, Jazz, dan Mobilio.

Merujuk pada penjelasan Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM, untuk spesifikasi mesin mobil ini masih dalam proses studi. Sehingga mobil ini belum dipasarkan secara massal dalam waktu dekat ini.

Selain itu, pada dasarnya Honda Small RS Concept hanya sebatas mobil konsep yang akan terus dikembangkan. Meskipun demikian mobil ini sudah melihatkan kelasnya di pasaran. Contohnya adalah Honda Brio yang sangat laku di pasaran Indonesia.

Dan mungkin mobil Honda Small RS Concept ini jika telah dipasarkan secara massal akan laku keras menyerupai Honda Brio.

Asumsi ini semakin nyata, karena Honda Small RS Concept diklaim lebih nyaman dari Honda Brio. Hal ini terjadi disebabkan oleh desain mobil yang lebih lebar dan lega.

Asumsi ini juga didukung dengan Survey yang telah dilakukan oleh pihak Rnd Honda. Survey tersebut tentang kebutuhan masyarakat Indonesia tentang mobil kecil.

Mobil kecil saat ini memang menjadi kebutuhan masyarakat perkotaan yang terbiasa dengan hiruk pikuknya. Dengan mobil kecil tentu membelah padatnya perkotaan akan lebih mudah. Tidak hanya itu, juga akan mempermudah perjalanan ke daerah-daerah pinggiran.  

Perbandingan Honda Small RS Concept dengan Honda Brio dan Honda Mobilio

Karena mobil Honda Small RS Concept memiliki kemiripan dengan Honda Brio, sebenarnya apa yang membuat mobil ini terbilang lebih sporty.

Honda Small RS Concept telah didesain sesuai model-model Honda modern. Desain tersebut tampak pada grill Honda Small RS Concept yang telah solid wing. Dari sisi desain Honda Small RS Concept terlihat lebih berkarakter daripada Honda Brio.

Walaupun menyerupai Honda Brio dan Honda Mobilio, Honda Small RS Concept memiliki perbedaan yang mencolok pada bagian belakang. Honda Small RS Concept bagian belakang telah didesain serupa dengan mobil sport. Sedangkan Honda Brio lebih feminin dibandingkan Honda Small RS Concept.

Konsep mobil hatchback sport ini secara umum merupakan perkawinan antara Honda Brio dengan Honda Mobilio.

Dari spesifikasi mesin mungkin Honda Small RS Concept tidak akan jauh berbeda dari Honda Brio dan Honda Mobilio. Mungkin akan ada teknologi terbaru yang akan menjadi pembedanya.

Honda Small RS Concept mungkin akan menyerupai mesin Honda Brio yang ditopang dengan mesin 1.2 L i-VTEC. Dari mesin tersebut dapat dihasilkan power sebesar 90 PS pada 6.000 rpm, sedangkan torsi yang dihasilkan sebesar 110NM pada 4.800 rpm.

Bisa Juga honda Small RS Concept menyerupai mesin Honda Mobilio yang didukung dengan mesin 1.5 L i-VTEC. Menghasilkan power sebesar 118 PS pada 6.600 rpm.

Harga Honda Small RS Concept

Honda Small RS Concept bisa dikatakan menyerupai Honda Brio dan Honda Mobilio. Tetapi juga bisa dikatakan hasil perkawinan antara Honda Brio dengan Honda Mobilio.

Karena hal tersebutlah harga dari Honda Small RS Concept mungkin tidak akan jauh berbeda dengan kedua mobil ini. Dan bisa jadi Honda Small RS Concept memiliki beberapa tipe seperti Honda Brio dan Honda Mobilio.

Tipe tersebut seperti S, E, E CVT, RS, dan RS CVT. Pada dasarnya tipe-tipe tersebut hanya dibedakan dari interior, eksterior dan fitur-fitur penunjang lainnya. Untuk mesin sama dan tidak ada perbedaan antara setiap tipe.

 Berikut adalah daftar harga dari Honda Brio dan Honda Mobilio yang bisa menjadi tolok ukur untuk harga Honda Small RS Concept.

Tipe Honda Brio

Harga Honda Brio

Honda Brio Satya S

Rp132.500.000

Honda Brio Satya E

Rp137.500.000

Honda Brio Satya E CVT

Rp152.500.000

Honda Brio RS

Rp164.000.000

Honda Brio RS CVT

Rp178.000.000

Video Terpopuler saat Ini

Tipe Honda Mobilio

Harga Honda Mobilio

New Honda Mobilio S

Rp191.000.000

New Honda Mobilio E

Rp211.500.000

New honda Mobilio E CVT

Rp222.499.966

New Honda Mobilio RS

Rp234.000.000

New Honda Mobilio RS CVT

Rp245.000.000

 (kpl/mag)
Loading