Sukses

Mudah Saja, Begini Cara Rawat Mobil Matic

Otosia.com Memiliki mobil bukan sekadar membeli dan menggunakan. Ada masa dimana mobil tersebut juga perlu perawatan.

Supaya mesin mobil tetap awet dan tak mudah rusak. Meskipun mobil tersebut mungkin dianggap tak serumit mobil pada umumnya, mobil matic contohnya.

Dengan segala kemudahan mengoperasikan mobil matic, ternyata ada hal-hal yang perlu diperhatikan, terutama pada bagian tuas transmisi. Seperti yang disebutkan oelh Bengkel Rotary Bintaro, berikut cara mudah merawat mobil matic.

1. Rutin Memanaskan Mesin sebelum Bepergian

Memanskan mobil terdengar sepele, namun jika diabaikan, kinerja mesin mobil matic mungkin akan terganggu. Panaskan mesin selama beberapa menit sebelum digunakan. Pastikan tuas transmisi berada di posisi netral (N) sebelum menyalakan mesin ya.

2. Menggunakan Perseneling secara Teliti

Jangan gunakan perseneling saat mobil mati atau berhenti. Jika memaksakan kinerja perseneling, maka akan cepat rusak. Hindari juga penggunaan perseneling sat hendak memarkirkan mobil. Tindakan ini akan berakibat pada kerusakan abgian pedal dan koplng mobil. Jadi,pastikan mobil sudah berhenti terlebih dahulu sebelum tuas transmsi diubah ke posisi parkir (P).

3. Mengganti Oli Mesin secara Teratur

Mengecek oli sangat penting untuk mengetahui kondsi oli yang sebenarnya, apakah masih ebrsih atau sduah kotor. Bila oli mesin sudah otor, alangkah baiknya untuk diganti agar sistem tranmisi pada mobil tetap terjada. Sehingga berkendara pun jauh lebih aman dan nyaman, terutama saat menempuh perjalanan yang lumayan jauh.

4. Memperhatikan Kinerja Transmisi Mobil

Atur transmisi sesuai dengan keadaan. Misal ingin mengerem, pindahkan tuas transmisi ke posisi R, begitu seterusnya. Dengan demikian, maka kinerja transmisi mobil pun tetap membaik.

5. Mengganti Oli Transmisi Saat Terkena Banjir

Setelah menggunakan mobil untuk menerjang banjir, wajib memperhatikan seluruh komponen untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak. satu hal yang tidak kalah penting yaitu lakukan penggantian oli transmisi saat berkendara di kondisi cuaca yang ekstrim (hujan) sehingga kinerja transmisi tetap oke dan terhindar dari macet.

6. Melakukan Uji Jalan

Sama halnya saat membeli mobil baru. Otolovers perlu melakukan hal yang sama secara rutin, misalnya sekali sebulan. Caranya dengan mengendarai mobil sambil memindahkan bagian perseneling. Tujuannya untuk mengetahui apakah perseneling baik-baik saja atau ada masalah.

Apabila bagain perseneling mengeluarkan bunyi bising dan menimbulkan getaran kecil saat berkendara, itu artina abgian perseneling mengalami masalah. Kalau sudah begini, Otolovers bisamembawa mobil ke salon untuk segera diperbaiki.

7. Servis Mobil secara Rutin

Servis adalah hal yang tak boleh diabaikan. Dengan servis secara rutin, maka kendaraan pun akan otomatis di update. Apabila ada kerusakan atau komponen yang copot dari bagian inti, kerusakan tersebut dapat segera diatasi. Sehingga performa mobil tetap baik.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)
Loading