Sukses

Motor Jarang Dipakai Bisa Bikin Aki Soak

Otosia.com Jarangnya penggunaan sepeda motor sering dianggap akan membuat awet komponen di dalamnya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, khususnya untuk komponen aki.

Ya, motor yang sering digunakan berjalan ternyata akan memiliki aki dengan usia pakai lebih panjang ketimbang yang tidak.

Menurut Setyawan, Supervisor PT Motobatt Indonesia, hal tersebut disebabkan aki membutuhkan pengisian daya agar tetap terjaga kondisinya. Pengisian sendiri terjadi pada saat mesin sepeda motor bekerja. Di mana perlakuan ini akan membuat aki bisa dipakai hingga jangka waktu sampai 2 tahun dengan catatan sistem kelistrikannya normal.

"Yang sering bermasalah itu motor yg jarang dipakai. Kalau jarang dipakai dia biasanya akan drop. Apalagi kalau aki Maintenance Free, dia per tiga bulan harus check karena voltage-nya turun," jelas Setyawan di Sirkuit Sentul, Minggu (06/05).

Lantas bagaimana dengan memanaskan sepeda motor? Menurut Setyawan, tindakan tersebut dinilai tidak memadai untuk mengisi daya aki.

Sepeda motor harus dipakai berjalan dalam jangka waktu tertentu agar pengisian daya ke aki dapat maksimal alias tak membuatnya tekor.

"Kalau sekedar manasin, saya rasa kurang optimal. Pengisian yang baik itu dipakai jalan, bukan cuma manasin," tutup Setyawan.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fid/tys)
Loading