Sukses

Dua Kondisi Ini Jadi Pertanda Busi Motor Butuh Diganti

Otosia.com Busi merupakan komponen penting pada sepeda motor. Sayangnya, komponen ini sering tak diacuhkan oleh para pengguna. Padahal busi sendiri memiliki masa pakainya.

Terdapat dua kondisi yang menentukan bahwa busi perlu mendapatkan penggantian. Keduanya dapat dilihat secara kasat mata.

Yang pertama adalah aus pada tepi elektroda. Hal ini membuat percikan api tidak terjadi dengan mudah yang menyebabkan gangguan starter dan pembakaran yang tak sempurna.

Kondisi kedua yakni terdapat endapan. Selama pemakaian kendaraan, endapan ini akan muncul pada kepala busi. Jika dibiarkan berlama-lama, kondisi tersebut akan membahayakan mesin.

Soalnya, endapan yang menumpuk pada busi mengalami panas yang berebihan dan menyebabkan pembakaran terjadi secara tidak normal atau terlalu dini.

Dampaknya bisa saja menyebabkan elektroda busi meleleh higga kerusakan mesin signifikan. Lantas kapan harus mengganti busi motor?

Menurut tenaga penjual NGK di gelaran Yamaha Sunday Race 2018 di Sirkuit Sentul, Minggu (6/5/2018), waktu penggantian sebaiknya dilakukan per 6 ribu kilometer. Antisipasi ini dilakukan tak hanya untuk menjaga keawetan mesin, namun juga efisiensi bahan bakar akibat pembakaran yang baik.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fid/tys)
Loading