Sukses

Keyless Ignition System Memang Keren, Tapi Bahayanya Sampai Sebabkan Meninggal

Otosia.com Kendaraan dengan fitur keyless memang sedang populer saat ini. Beberapa pabrikan roda dua dan roda empat menggunakan fitur ini.

Tapi, dibalik kecanggihan dan kemudahan itu, keyless ignition system ternyata berbahaya. Seperi dilansir Carscoops, sistem ini bisa sangat berbahaya.

Diberitakan New York Times, setidaknya 28 orang meninggal karena karbon monoksida yang dipancarkan kendaraan dengan sistem keyless ignition. Setidaknya 45 orang juga terluka dan beberapa diantaranya mengalami kerusakan otak.

Sedangkan, saat ini sistem ini menjadi standar untuk hampir setengah dari jumlah mobil baru yang terjual di Amerika Serikat.

Kejadian fatal tersebut terjadi ketika pengemudi lupa mematikan mesin saat parkir di garasi. Beberapa pemilik kadang menganggapnya tak berbahaya.

Beberapa dari mereka, begitu saja meninggalkan kendaraannya dan tak menyadari bahwa kendaraan mereka masih menyala. Jika hal ini terjadi selama waktu yang lama, mereka bisa keracunan karbon monoksida.

Sayangnya, seiring semakin tumbuhnya kejadian fatal seperti ini tak diimbangi dengan imbauan yang benar dari para pabrikan.

Regulasi baru dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administrator untuk mobil dengan sistem ini. Bahwa harus ada sesuatu yang bisa mengingatkan pengemudi bahwa kendaraannya masih menyala. Namun sayangnya, aturan baru ini banyak menuai kontra dari pabrikan kendaraan.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)
Loading