Sukses

Begini Rasanya Menjadi Penumpang Truk Mercedes-Benz Axor

Otosia.com

Pada hari Senin (21/05) lalu, Otosia sempat mencoba salah satu produk truk Mercedes-benz di pabrik PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) yang terletak di Wanaherang, Jawa Barat. Adapun model yang kami coba tunggangi adalah Axor 4928 T yang mengusung mesin OM 906 LA berkekuatan puncak 280 hp.

Sayangnya, kami hanya bisa mencoba sebagai penumpang. Sehingga tidak bisa melaporkan secara lengkap bagaimana rasanya menjajal truk asal Jerman ini. Meski begitu, kami bisa merasakan sedikit pengalaman berada di kursi penumpang melewati jalur yang ditujukan sebagai area pengujian.

Sebelum masuk ke dalam kabin, impresi pertama dari truk Tractor Head ini memiliki tampilan yang kekinian. Desainnya seperti menampilkan ciri khas dari Mercedes-Benz. Tengok saja bagian mukanya yang terkesan modis dan kekinian.

Memasuki kabin, ruangnya terasa lapang. Bahkan terdapat area di belakang yang dapat dijadikan tempat tidur bagi pengendara atau penumpang. Di samping itu desain dashboardnya terkesan mewah, mirip seperti yang dimiliki mobil penumpang. Hal inilah yang ditawarkan Mercedes-Benz kepada konsumen kendaraan komersil.

Selama pengujian yang paling menarik adalah ketika kami dibawa melewati jalan bebatuan. Jalan ini menggambarkan kondisi jalan yang sering ditemukan pengendara truk di Indonesia. Kami pun berkendara dengan kecepatan rendah antara 7 sampai 10 km/jam. Guncangan tetap kami rasakan, lantaran kami duduk di kursi penumpang yang tak dilengkapi suspensi udara. Namun, hal berbeda terlihat pada sisi pengendara yang tampak hanya bergerak naik turun. Dengan begitu pengendara dapat tetap fokus mengendalikan kemudinya, sehingga truk melaju cukup aman.

 (kpl/fid/crn)
Loading