Sukses

Walau Mesin Eropa dan Indonesia Sama, Busi Belum Tentu Sama

Otosia.com Indonesia saat ini sedang gembar-gembor persiapan standar emisi Euro 4. Banyak pabrikan sudah melakukan persiapan, termasuk sudah masuknya busi jenis platinum dan iridium.

Jika dibandingkan pasar kendaraan di Eropa, standar yang berlaku sudah Euro 6. Uniknya mesin yang digunakan secara spesifikasi tetap sama dengan yang beredar di Indonesia.

Walau begitu, busi yang dipasarkan di sana sudah jauh berbeda. Mereka bahkan tidak lagi memanfaatkan jenis busi BKR ataupun C7 seperti yang masih dipasarkan NGK di Indonesia.

"BKR C7 sudah hampir enggak ada. Mereka lebih pilih ke platinum dan iridium. Di sana kan pakai Euro 6. Akhirnya saya cek untuk membandingkan mesin di sana dan di Indonesia," ujar Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano.

Di situ, dirinya menemukan bahwa spesifikasi mesin tidak berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia. Namun yang menjadi pertanyaan, kenapa businya bisa berbeda.

"Ternyata mesin sama dengan di Indonesia. Kok businya beda. Oo ternyata meski mesin sama, mereka ada tambahan," kata dia.

Tambahan pada mesin termasuk penggunaan turbo. Di samping itu, catalytic converter-nya juga berbeda dengan yang digunakan di Indonesia.

"Ada turbo. Lalu spesifikasi katalisnya juga beda. Beda fitur, beda busi ternyata," kata dia.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr/tys)
Loading