Sukses

GSX-S150 Lesu, Suzuki Menaruh Harapan Terhadap Bandit

Otosia.com Penjualan GSX-S150 memang tidak secemerlang saudaranya GSX-R150. Boleh dibilang penjualan versi sport naked GSX-R150 ini jalan ditempat. Ia masih kalah telak dengan Vixion atau CB150 di segmennya.

Penjualan GSX-S150 setiap bulan tidak ada setengahnya dari model GSX-R150. Jika GSX-R150 per bulan terjual sekitar 2.500 unit, maka GSX-S150 hanya di angka 500-600 unit tiap bulannya.

Suzuki sebenarnya sudah melakukan upaya untuk mendongkrak penjualan GSX-S150. Upaya yang dilakukan adalah penambahan fitur Keyless Ignition System dan dua pilihan warna baru, yakni Daytona Yellow dan Titan Black CW Rouge Red.

Lalu varian Shuttered Key System tersedia dalam 2 warna yaitu Stronger Red dan Solid Black Gloss. Motor ini diperkenalkan pada akhir Mei lalu di Jakarta Fair Kemayoran.

Saat GSX-S150 lesu, Suzuki pun kini mulai menaruh harapan terhadap sport barunya, Suzuki Bandit, yang dijadwalkan meluncur pada GIIAS Agustus mendatang.

Mengusung genre sport naked, namun dari segi desain konon bandit lebih agresif dari GSX-S yang menyiratkan naked bike sejati, sehingga diharapkan sanggup menggoda pasar sport 150.

“Memang jujur saja, S-nya tidak terlalu jalan, tidak begitu besar. Makanya kita berharap di Bandit ini jauh lebih besar. Tapi S ini memang lebih kita tujukan ke street sport, orang yang memang masih mau. Kembali tadi saya katakan mereka yang punya ego tapi mau tampil sporty itu untuk yang S,” kata Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W.

Suzuki menampik kehadiran Bandit akan makin menenggelamkan GSX-S ke dasar jurang persaingan. Jika demikian nantinya, Suzuki pun belum mau ambil ancang-ancang untuk menyuntik mati GSX-S150.

“Sebetulnya gak. Jadi kalau kita lihat pasar sekarang kan terbagi-bagi. Contohnya matik, ada yang standar, ada yang sport, ada yang premium, kan jadi sama-sama matik. Sport kita pun kita pilah-pilah, dan masing-masing ada segmenya tersendiri. Jadi kalau ditanya takut gak, karena ada segmennya sendiri-sendiri. Orang semakin lama ego semakin besar, itu yang membedakan,” tangkisnya.

Jika respon pasar sangat baik terhadap kehadiran Bandit 150, sementara di satu sisi permintaan GSX-S makin menyusut tidak serta merta membuat Suzuki memutuskan untuk segera menghentikan produksi versi S dari GSX. Suzuki pun belum punya rencana menyempurkan lagi desain dan tampilan GSX-S dalam waktu dekat.

“(Tidak kita stop) masih tetap lanjut S-nya,” tutup Yohan Yahya.

 (kpl/nzr/ahm)
Loading