Sukses

Suzuki Masih Ragu Main di Segmen Skutik Premium

Otosia.com Pasar skutik premium di Indonesia terus mengalami perkembangan. Hal tersebut dipicu oleh mulai banyaknya pemain yang terus menghadirkan produk baru, sebut saja Yamaha yang memboyong NMax dan Honda dengan PCX.

Tumbuhnya pasar skutik premium ternyata tak membuat Suzuki untuk ikut berpartisipasi. Meskipun Suzuki sendiri memiliki produk global di segmen tersebut yaitu Burgman.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku pemegang merek Suzuki di Indonesia memang tak menampik manisnya pasar skutik premium di Indonesia. Namun, hal tersebut dirasakan Suzuki belum cukup memotivasi untuk menghadirkan produk di Indonesia.

"Kalau dilihat market premium itu seksi sekarang, tapi jumlahnya itu, bertumbuh ya bertumbuh. Tapi apa sekarang saat yang tepat untuk masuk? Kan kita hitung-hitungannya bukan cuma bertumbuh atau saat yang tepat untuk masuk atau tidak," jelas Banggas Pardede selaku Department Head Marketing 2 Wheel PT SIS di Tangerang, Selasa (10/07/2018).

Adapun pertimbangan lain bagi Suzuki adalah nilai jual yang dimiliki oleh produk agar dapat bersaing di pasar. Ini artinya Suzuki harus menemukan formula yang tepat agar produknya memiliki kekuatan untuk menarik perhatian konsumen.

"Kita melihat juga dari sisi kalau lawannya lebih kuat, terlalu kuat, lalu kita tidak punya competitive advantage yang kita bisa cukup stand out di market ya kita bakal berdarah-darah pasti. Kita ini invest besar tapi return-nya tidak terlalu besar," jelas Banggas.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/fid/ahm)
Loading