Sukses

Sudah Ada Honda CRF dan Kawasaki KLX, Mengapa Suzuki Tak Bikin Trail Sendiri?

Otosia.com Segmen motor trail di Indonesia mulai mengalami pertumbuhan. Jika sebelumnya pemainnya tak banyak, segmen yang lebih menyasar kepada para penghobi ini mulai diramaikan produk dari berbagai produsen. Sebut saja Honda yang belum lama menghadirkan CRF150L dan Kawasaki yang lebih dulu menggarap melalui KLX150.

Sayangnya hal itu belum cukup menggoda Suzuki untuk ikut menghadirkan motor trail di Indonesia. Padahal sebagai produsen motor asal Jepang, Suzuki cukup banyak memiliki lini motor trail yang dipasarkan secara global. Alasannya pun cukup mendasar, Suzuki masih merasa ragu terhadap potensi pasar di segmen tersebut.

"Prinsipnya kita memantau semua segmen, tapi kita belum bisa memutuskan apakah itu trend sesaat atau memang ada demand. Kalau cuma shifting market orang lain, itu tidak favorable bagi kita," jelas Banggas Pardede selaku Department Head Marketing 2 Wheel PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Tangerang, Selasa (10/07/2018).

Di samping itu, Suzuki merasa belum memiliki kekuatan untuk menawarkan produk di segmen tersebut. Perlu ada gebrakan yang mampu menarik minat konsumen. Soalnya, Suzuki tak mau sekedar meramaikan, namun juga ingin mengembangkan pasarnya.

"Jadi kalau kami tidak bisa membuat sebuah positioning yang unik, kami tidak akan (mendatangkan trail)," jelas Banggas.

Terlepas dari produk, menurut Banggas, saat ini pihaknya tengah menaruh perhatian pada peningkatan volume penjualan. Pasalnya hal tersebut akan berdampak pada peningkatan jumlah jaringan Suzuki. Adanya jaringan yang kuat akan lebih memudahkan Suzuki dalam menawarkan produk yang pasarnya terbilang unik itu.

"Sekarang ini kita butuh volume. Dengan adanya volume, ada kepercayaan diri di jaringan Suzuki, jadi kami bisa menambah outlet. Kalau kita main di segmen hobies, profitnya enak tapi kita volumenya tidak dapat," jelas Banggas.

Sebenarnya Suzuki sudah meramaikan pasar motor trail di Indonesia. Hanya saja produknya tidak dipasarkan untuk umum.

"Seperti yang diketahui trail kita sudah dipakai Polri, artinya kalau Suzuki mau produknya siap, tapi kami tunggu saat yang tepat," jelas Banggas.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/fid/ahm)
Loading