Sukses

Jika Lexus Punya Versi Seperti Alphard, Boleh Juga

Otosia.com Toyota Alphar di pasar Tanah Air terbilang sukses. Mobil MPV besar ini bahkan laris manis saat generasi pertamanya mulai beredar di Indonesia.

Mulai kalangan artis hingga pejabat banyak terlihat memakai Alphard. Saking ramainya, mobil yang awalnya dijual lewat keran Importir Umum (IU) ini dipasarkan resmi dari Agen Pemegang Mereknya (APM), PT Toyota Astra Motor (TAM).

Pasar yang mendambakan transportasi mewah untuk dipakai sehari-hari, sangat terpuaskan dengan berbagai keunggulan Alphard. Desain kotak nan besar menciptakan ruang sangat lapang. Bukan untuk mengangkut penumpang saja, melainkan menjadi seperti kamar pribadi yang nyaman. Ingin lebih eksklusif, kursi tengah mampu disulap ibarat singgasana raja.

Nah, pernahkah terlontar pikiran soal versi Lexus dari Toyota Alphard. Mengingat Lexus adalah sub-brand Toyota yang fokus pada kelas premium untuk melawan merek mewah asal Jerman. Biasanya, lineup Lexus mengambil basis Toyota, lalu dirancang dengan desain dan fitur lebih mewah. Sudah banyak contohnya, seperti: Lexus RX dengan Toyota Harrier, Lexus GX dan LX dengan Toyota Land Cruiser, Lexus ES dengan Toyota Camry dan Lexus IS dengan Toyota Altezza. Meski sekarang makin banyak model Lexus yang berdiri sendiri tanpa versi Toyota, tentu menarik ada Alphard berlogo Lexus dengan kemewahan lebih tinggi.

Jawaban mengejutkan meluncur dari mulut Raymod Rodriquez, presiden Lexus Manila. Diwawancarai langsung oleh Autoindustriya, ia menunjukkan kemungkinan itu bisa saja terwujud. “Sebuah versi Lexus dari Alphard sebenarnya masuk dalam daftar keinginan saya,” katanya.

Rodriguez berpendapat, Lexus “Alphard” bisa heboh di kalangan konsumennya. Ia melihat potensi pasar MPV mewah terutama Filipina, yang masih dikuasai Mercedes-Benz. Menurutnya, jika Lexus dapat menghadirkan van atau MPV dengan level kemewahan dan kenyamanan lebih tinggi, sangat mungkin memperoleh potongan besar pangsa pasar.

Pasar Indonesia pun semestinya tak kalah berpotensi untuk meniagakan Lexus Alphard. Lihat saja seberapa sering Anda melihat Alphard berkeliaran di jalan. Mulai dari generasi pertama sampai model terakhir generasi ketiga. Dari wholesale Gaikindo juga berkata sama. Penjualan dari Januari sampai September 2018 sebanyak 3.668 unit, gabungan Alphard tipe X, G, Q dan Vellfire. Mobil ini, sudah bukan sekadar alat transportasi belaka, melainkan menjelma menjadi simbol status ekonomi sang empunya. Kalau logo yang terpasang berupa Lexus, tentu stratanya meningkat lagi.

Saat ini, Toyota Alphard di Indonesia dijual dalam 3 varian: Alphard 2.5 X seharga Rp 944,85 juta, Alphard 2.5 G Rp 1,099 miliar dan Alphard 3.5 Q senilai Rp 1,793 miliar. Untuk Toyota Vellfire 2.5 G yang kini posisinya dipisah dari Alphard, dibanderol Rp 1,097 miliar.

Sumber: OTO.com

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)
Loading