Sukses

Pakai BBM RON Rendah Justru Akan Menguras Dompet, Kok Bisa?

Otosia.com Orang yang masih menggunakan BBM dengan RON rendah, seperti Premium, disebabkan karena harganya yang lebih terjangkau. Berkilah mengurangi biaya pengeluaran, nyatanya hal itu justru akan menguras uang di dompet Otolovers.

Bagaimana bisa? Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, menggunakan BBM dengan oktan rendah bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada mobil. Hal ini bisa menghabiskan biaya jutaan rupiah untuk memperbaikinya.

Ketika mobil diberi Premium, maka akan mengalami dampak seperti boros dan kurang bertenaga. Bahkan, parahnya bisa menyebabkan kerak-kerak. Sehingga untuk membersihkannya harus merogoh kocek cukup dalam.

Selain itu, jika mobil dipaksa menggunakan premium yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, maka mesin akan mudah rusak. Jika premium dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tingkat kecepatan mobil bisa rusak.

Kendaraan mewah yang dilengkapi dengan teknologi canggih, namun masih ngotot pakai premium, kerusakannya akan lebih cepat. Hanya dalam hitungan bulan. Mobil juga bisa tak lagi optimal, seperti tenaga yang rendah, akselerasi yang tidak optimal, dan tidak kuat di medan tanjakan.

Dampak teringannya adalah kerak pada mobil, hingga terparahnya adalah jebolnya piston. Yap, stang sehernya yang kena.

Maka itu, mulai saat ini urusan BBM yang mungkin dianggap remeh perlu diperhatikan serius. Sebab, tidak semua bahan bakar sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)
Loading