Sukses

Keiritan Mobil Mahasiswa Indonesia Ungguli Juara Asia

Otosia.com Tidak dipungkiri pemilihan ban sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap keiritan mobil-mobil hemat energi karya mahasiswa Indonesia di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018.

Inilah dialami oleh Mekatronic Tim 1 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dimana mobil hemat energi ciptaannya (UMM) berhasil mencatatkan jarak 335,09 km/kwh setelah memakai ban prototype FDR.

Bahkan hasil ini mengungguli juara 1 kelas Urban Listrik dalam kompetisi tingkat Asia SEM 2018 diraih oleh tim dari Lac Hong University dengan 129,3 km/kwh. Sedangkan pada kompetisi yang sama hasil juara 1 kelas Urban Listik KMHE 2017 adalah 154,435 km/kwh yang dibukukan oleh tim Titen EV-3 dan pada KMHE 2016, Tim Bumi Siliwangi 4 yang jadi juara kelas Urban Listrik dengan perolehan 160,382 km/kwh.

Menurut Alfin manajer Mekatronic Tim 1 pemilihan ban yang tepat telah mengurangi bobot mobil dan memberikan pengaruh terhadap efisiensi, dua kali lipat dibandingkan ban standar.

“Dalam lomba ini kami selalu menganalisis terutama di pemakaian ban. Kita selalu menganalisis tekanan ban yang terjadi, kalau pakai tekanan 70, 75, 80, 85 sampai 90, jadi pengaruhnya terhadap efisiensi kendaraan bisa dibuktikan. Dengan pakai ban FDR kendaraan jadi lebih irit,” papar Mohammad Jufri selaku pembimbing Mekatronic Tim 1.

Dengan hasil tersebut pihak FDR selaku penyedia ban berharap im-tim mahasiswa Indonesia bisa bersaing ketat dengan mahasiswa dari negara lain di kompetisi Shell Eco Marathon 2019 di Thailand.

“Semua tim yang kita support dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Terakhir, semoga tim dari Indonesia bisa memenangkan kejuaraan berikutnya, yaitu SEM 2019 di Thailand,” ujar Chamilus Ali Santo sebagai direktur marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr/ahm)
Loading