Sukses

Awal Mula Legenda Mini Cooper

Otosia.com MINI Cooper yang sekarang mungkin sudah menjadi mobil trendi yang besar. Lebih besar bila dibandingkan dengan Mini Cooper yang lawas. Mini Cooper yang lama memiliki pesona yang mengagumkan serta konsumsi bahan bakar yang irit.

Adalah Sir Alec Issigonis, perancang dari Mini Cooper yang asli. Lahir di lingkungan keluarga Yunani, Issigonis lahir pada 18 November 1906 bermigrasi ke Inggris pada 1922.

Setelah mendapatkan gelar insinyur, Issigonis bergabung dengan Morris Motors di tahun 1936 sebagai perancang sistem suspensi.

Pada tahun 1942, pihak Morris memberikan tanggung jawab kepada Issigonis untuk membangun mobil yang baru. Mobil tersebut lahir pada 1948 dengan nama Morris Minor.

Dengan filosofi memaksimalkan ruanng penumpang serta meminimalkan hal yang lainnya, Morris Minor sukses dipasaran sehingga Morris Minor diproduksi selama 11 tahun.

Sayangnya, Issigonis keluar dari Morris dan kemudian bergabung lagi setelah perusahaannya menjadi British Motor Company (BMC).

Berawal pada tahun 1957 desainer Mini Sir Alec Issigonis diminta untuk menggambar mobil yang sangat kompak, irit bahan bakar.

Saat itu Sir Alec sedang makan siang dan hanya tersedia pensil dan tisu. Awalnya proyek mobil kecil tersebut dinamai ADO15, singkatan dari Austin Design Office proyek ke-15 sebelum diganti menjadi Mini.

Setelah prototype pertama jadi dua bulan kemudian, pembalap bernama John Cooper membantu dalam pengembangan karya Issigonis tersebut.

Dari gambar itulah jadi sketsa mobil Mini Cooper klasik yang dilahirkan pada 1959. Dari total seluruh ruangan pada mobil itu 80 persennya untuk penumpang dan 20 persennya adalah untuk mesin.

Pada awal perkembangannya, mobil Mini menggunakan penggerak roda depan yang posisinya melintang, sehingga penggagas mesin penggerak roda depan adalah Mini. Sejak itulah Mini cukup populer. Morris Mini juga hebat saat dikemudikan John Cooper meraih kemenangan dalam Reli Monte Carlo.

Issigonis dapat hidup cukup lama sehingga menjadi saksi pada saat hasil karyanya terjual sebanyak lima juta unit sebelum meninggal pada 1988.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fdk)
Loading