Sukses

Brabham BT46B, Satu Dari Sedikit Mobil F1 yang Penggunaannya Dilarang

Otosia.com Sejak pertama kali diadakan, balap Formula 1 sering dianggap di mana berbagai macam inovasi lahir untuk menjadi yang terbaik.

Hanya saja, terkadang jika ada ide yang terlampau canggih, pihak Formula 1 tidak akan segan-segan untuk melarang sebuah mobil untuk ikut serta balapan.

Dalam sejarah Formula 1, sangat jarang sebuah mobil dilarang untuk tampil, dan salah satu mobil yang dilarang penggunaannya adalah Brabham BT46B, yang diciptakan untuk menghentikan dominasi Lotus pada Formula 1 1978.

Pada saat itu, Lotus yang dikomandani oleh Colin Chapman begitu dominan, sehingga Gordon Murray dari tim Brabham harus berpikir keras untuk mengalahkan mobil milik tim Lotus.

Maka dari itu, lahir lah Brabham BT46B, mobil F1 yang dilengkapi dengan kipas, dan menghisap aingin dari bawah mobil, sehingga Brabham BT46B akan selalu menyentuh lintasan dan menyalurkan seluruh tenaganya.

Brabham BT46B langsung memenangi balapan pertamanya di GP F1 Swedia di tahun 1978, dan langsung di protes oleh tim-tim lainnya, menuntut pelarangan mobil revolusioner tersebut.

Hasilnya, Brabham BT46B dilarang untuk mengikuti balapan, sekaligus memenangi satu-satunya balapan yang pernah diikuti.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fdk)
Loading