Sukses

Ini Dia Mercedes-Benz Pertama Yang Mengemban Nama AMG

Otosia.com Penggemar mobil asal Jerman, terutama Mercedes-Benz, tentu tidak asing dengan nama AMG. AMG adalah nama lain untuk Mercedes-Benz yang sporti dan kencang.

Pada tahun 2017 ini, lengan mobil performa tinggi Mercedes-Benz-AMG, merayakan ulang tahun ke-50, sehingga membuat AMG melebarkan sayapnya ke seluruh lini Mercedes-Benz.

Tidak banyak yang mengetahui, tetapi AMG pada awalnya bukanlah bagian dari Mercedes-Benz. AMG sendiri berdiri di sekitar tahun 60an oleh Hans-Werner Aufrecht, seorang mekanik Mercedes-Benz. Berawal dari kekecewaan Aufrecht atas mundurnya Mercedes-Benz dari segala kegiatan balap, membuatnya berkeinginan meneruskan nama Mercedes-Benz agar tetap berkompetisi.

Aufrect sendiri selalu berangan-angan untuk membangun mesin Mercedes-Benz yang kencang, sehingga betapa kecewanya apabila tidak ada mobil Mercedes yang berkompetisi.

Aufrecht tidak sendiri. Dia ditemani rekannya seorang mekanik jenius bernama Erhard Melcher. Maka, mereka memutuskan untuk membeli Mercedes-Benz 300SEL, kemudian dipreteli, dan meningkatkan tenaganya.

Mobil dengan mesin V8 berkapasitas 6.8 litertersebut awalnya memiliki tenaga sebesar 170 tenaga kuda. Kemudian, internalnya dibongkar dan diganti dengan yang lebih baik, sehingga tenaganya membeludak menjadi 235hp.

Guna mempromosikan nama AMG, mobil yang diberi laburan warna meah, hingga diberi sebutan "Roten Sau" alias "Si Babi Merah" tersebut berkompetisi di ajang balap Spa 24 Hours pada tahun 1971.

Tidak main-main, mobil pertama karya AMG tersebut harus menghadapi rival seperti Chevy Camaro, Alpina BMW 2800 CS (yang mana dikemudikan oleh juara F1 Niki Lauda), dan Ford Capri.

Sepanjang balapan, mobil milik AMG secara ajaib tidak mengalami kendala mekanis pada balapan pertamanya. Tidak hanya itu, Mercedes-Benz 300 SEL AMG ini sukses mengondol posisi runner-up, sehingga nama AMG terus dibicarakan.

Sampai akhirnya, era 90an mengawali kerja sama Merc dengan AMG secara resmi. Diawali dengan turunnya AMG sebagai tim balap resmi Mercedes-Benz, kemudian Mercedes mengakuisisi AMG pada 1996, dan lalu mengubahnya menjadi Mercedes-AMG GmbH.

Meskipun sudah sukses hingga seperti sekarang, AMG masih menyimpan mobil pertamanya, Mercedes-Benz 300 SEL 6.8 "Rotten Sau" alias si Babi Merah.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fdk)
Loading