Sukses

Mengenang Motor Suzuki Lawas Kendaran "Tempur" Satria Baja Hitam

Otosia.com Sosok Ksatria Baja Hitam sangat terkenal pada awal 1990-an. Ketika itu, setiap Minggu pagi anak-anak di Indonesia tak ingin ketinggalan serial tersebut. Bila ditelisik, dari tokoh Ksatria Baja Hitam ini ada kaitan erat dengan otomotif. Tak lain adalah tiga motor andalannya yang kerap digunakan untuk menumpas kejahatan.

Buat penggemar film tersebut, paling diingat dari karakter asal Jepang itu adalah sepeda motor yang juga dapat berubah mengikuti karakter yang menunggangi. Saat Ksatria Baja Hitam berubah bentuk, maka motornya pun juga akan menyesuaikan.

Dalam serial Ksatria Baja Hitam dan Ksatria Baja Hitam RX, tiga motor yang digunakan oleh Kotaro Minami, tokoh utama dalam film tersebut bermerek Suzuki.

GSX R-250

 

Foto: Flickr.com

Salah satu motor yang paling populer di Ksatria Baja Hitam adalah Suzuki GSX R-250. Motor sport full fairing berkelir hitam-merah ini digunakan sehari-hari oleh Kotaro Minami. Motor ini digunakan saat dia belum berubah menjadi Ksatria Baja Hitam. Alias ketika masih jadi manusia biasa.

GSX R-250 pertama kali diperkenalkan pada 1987. Desain motor ini tak beda jauh dengan GSX 400. Saat itu, motor ini jadi pesaing besar Yamaha FZR 250.

Spesifikasi motor ini terbilang canggih dan buas di masanya. Mesinnya telah menggunakan mesin 4 silinder DOHC yang keluarkan tenaga sampai 45 Tk pada 14 ribu rpm. Klaim Suzuki motor ini bisa melaju hingga 200 km/jam.

Suzuki RA 125

Saat berubah jadi Ksatria Baja Hitam, tunggangan Kotaro Minami ikut berubah. Motor trail berwarna biru setia menemaninya kemanapun. Bentuknya yang mirip belalang, dengan antena di bagian kepala lampu, membuat motor ini dinamai "Belalang Tempur".

Belalang tempur sebenarnya merupakan sepeda motor Suzuki RA 125. Motor ini pertama kali dibuat pada 1980-an. Motor ini masih mengusung mesin 2-tak. Suzuki RA 125 mengandalkan mesin 1 silinder 124 cc. Mesin ini keluarkan tenaga sebesar 22 Tk pada 8.000 rpm. Sayangnya motor ini tak pernah dipasarkan di Indonesia. Kalau ada itu pasti impor langsung.

Suzuki RH250

Foto: SuzukiCycles.org

Ksatria Baja Hitam RX menunggangi motor yang dinamakan Acrobatter. RX Robo memakai Roboraizer, dan RX Bio mengandalkan Mach Jabber. Ketiganya punya desain yang khas dan disesuaikan dengan karakter, dan semuanya berbasis pada motor produksi massal Suzuki bernama RH250.

Suzuki RH250 adalah motor yang dominan dengan warna biru dan kuning. Motor yang dibuat antara 1985 sampai 1987 ini mengusung mesin satu silinder, dua tak, 249 cc bertenaga 31 Tk pada 7.500 rpm dan torsi 5,9 Nm pada 6.500 rpm. Suzuki RH250 juga sayangnya tidak dibuat di Indonesia.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/mat)
Loading