Sukses

Industri Karoseri Diyakini Akan Tumbuh Dari Tahun Lalu

Otosia.com Tidak dipungkiri salah satu keberhasilan pembangunan dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Barometer Sistem jaringan transportasi yang baik dilihat dari sisi efektifitas, aksesibilitas tinggi, efisiensi dan utilitas tinggi.

Ketersediaan sarana infrastruktur transportasi seperti akses jalan yang baik, sarana pelabuhan yang memadai, jembatan penghubung yang strategis, Bandar udara yang berfasilitas lengkap, jalan tol yang sesuai kebutuhan dan sarana pendukung lain seperti rel dan sistem jaringan kereta api yang terorganisasi dengan baik akan secara langsung mempengaruhi peningkatan daya saing perekonomian yang nantinya berujung pada pesatnya laju pertumbuhan ekonomi.

Dengan ketersediaan infrastruktur yang beragam dan dana yang lebih memadai, maka efisiensi lebih tercipta. Sektor riil akan lebih perpeluang tumbuh lebih besar karena para pelaku usaha kecil hingga besar sama-sama diuntungkan dengan biaya transportasi dan logistik yang lebih murah.

Sejalan dengan prospek cerah sektor perkeretaapian, industri karoseri pun menjadi sektor potensial bagi perekonomian nasional. Pasalnya, Indonesia sedang mengalami perkembangan pariwisata dan pertambangan. Sektor pariwisata di Indonesia kian menjadi salah satu pendorong ekonomi nasional. Indonesia memiliki 962 spot wisata yang jelas mendorong kebangkitan industri karoseri untuk membuat sarana transportasi seperti bus demi mempermudah para pengunjung wisata.

“Eko-Turisme Indonesia menjadi salah satu faktor berkembangnya karoseri di Indonesia yang kemudian mendorong sektor ini meningkat pesat,” kata Baki Lee, Direktur Global Expo Manajemen penyelenggara Pameran International Bus, Truck And Component (IIBT). Pameran IIBT ini sendiri akan digelar 29 Maret hingga 1 April 2017 mendatang di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Di tengah perkembangan pariwisata di Indonesia, sektor pertambangan pun menjadi fokus pemerintah sebagai salah satu sumber daya alam paling berpotensi. Pertambangan di Indonesia memiliki kadar pengaruh tinggi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah minyak, yang kian menjadi pertambangan inti nasional, ditambah harga minya dunia semakin tinggi. Artinya, pemerintah akan lebih fokus untuk sektor ini demi mengurangi daya saing harga minyak dunia.

Aktifitas pertambangan pun semakin masif, yang kemudian meningkatnya sarana angkut hasil pertambangan, misalnya truk. Jelas, sektor ini pun sangat membutuhkan alat berat untuk memaksimalkan pengangkutan hasil pertambangan. Maka, yang mampu menjawab kebutuhan ini adalah Industri karoseri. Akhirnya sektor ini pun disebut sebagai sektor paling ampuh menjawab kebutuhan massa di konteks transportasi dan alat berat.

Sektor perkeretaapian di Indonesia berjalan beriringan dengan perkembangan industri karoseri. Kedua sektor ini merupakan sektor paling popular dalam sejarah perkembangan transportasi di Indonesia, khusunya bus.

Maka pameran IIBT 2017 bisa dikatakan bisa membumbui perkembangan bus di Indonesia. Kebutuhan moda transportasi darat seperti bus, setiap tahunnya semakin besar. Hal ini disebabkan oleh semakin meningkatnya populasi di Indonesia dan semakin besar kebutuhan moda transportasi darat nan nyaman.

Berkaitan dengan kenyamanan, PT TransJakarta dan PT KAI Commuter Jabodetabek akan meningkatkan pelayanan dan fasilitas bus bagi penyandang disabilitas. Hal ini memudahkan bagi penyandang disabilitas untuk berintegrasi langsung dengan tingginya trotoar jalan.

Disamping itu, Industri karoseri akan terus mengembangkan bus-bus ber-standar yang dapat dioperasikan secara nasional. Industri ini sangat berpengaruh pada perkembangan bus di Indonesia. Kebutuhan bus yang semakin meningkat setiap tahunnya menjadikan sektor ini menjadi sektor potensial dan menguntungkan, New Armada, Laksana, dan Gunung Mas ikut andil dalam berkontribusi mengembangkan bus nasional.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr/fdk)
Loading