Sukses

8 Food Truck yang Sedang "Hits" di Indonesia

Otosia.com Usaha kuliner memang sedang in terhitung sejak tahun 2013 sampai kemari, hal ini semakin dipermarak dengan adanya trend "food truck" yang mengadaptasi kepraktisan dalam berjualan dalam mobil truk seperti yang ada di negeri paman Sam.

Trend tersebut mulai muncul di daerah ibukota Jakarta yang mengutamakan kepraktisan dan kemudahan dalam memasarkan produknya. Sempat juga jadi cara yang dibawa ke daerah salah satunya dalam memasarkan keripik pedas seperti di Bandung, Surabaya, Jogja dan Malang.

Berikut ada 8 food truck yang sedang "in" dalam dunia kuliner di Indonesia. Memang lebih banyak yang eksis di Jakarta, namun dirasa trend tersebut akan semakin merajalela bahkan sampai di luar pulau. Check this out! Awas ngiler, Otolovers!

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fjr)

Taco Truck

Taco Truck

Bagi penggemar makanan asal negeri Sombrero, Mexico, bisa jadi Taco Truck adalah sumber yang cukup menggiurkan untuk segera disambangi. Taco Truck memiliki menu yang khas seperti Taco, nachos dan Burrito. Semuanya otentik!

Taco Truck menggunakan mobil besar seperti Toyota Dyna untuk jadi mesin pengedar bahan kulinernya. Biasanya Taco Truck berkeliaran di daerah Kelapa Gading dan biasanya beberapa kali terlihat di Pantai Indah Kapuk.

Loco Mama

Loco Mama

Sama seperti Taco Truck, Loco Mama yang berarti "Ibu Gila" juga menawarkan menu kuliner khas Amerika dan Mexico, seperti nachos dan taco. Loco Mama justru terlihat lebih klasik lantaran mobil yang digunakan adalah Chevrolet buatan tahun 1941!

Pemilik dari Loco Mama, yakni Griselda Valentina sengaja memilih mobil klasik milik Chevrolet karena dia tertarik dengan mobil tersebut saat berada di pameran mobil antik di Kemayoran. Biasanya Loco Mama sering dijumpai di daerah Kemang.

Jakarta Food Truck

Jakarta Food Truck

Jakarta Food Truck adalah salah satu usaha milik Ari Gumilang yang kemudian sukses sampai seluruh Jakarta, sesuai dengan namanya. Menu dari Jakarta Food Truck juga sangat bervariasi, mulai dari Smokey Ribs, hingga yang tradisional seperti bir pletok.

Pemilik Jakarta Food Truck ini memilih untuk menggunakan Isuzu Elf sebagai senjata untuk memasarkan dagangannya. Jakarta Food Truck memiliki range berjualan yang cukup lebar, namun sering ditemui di Kemang dan daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Street Ramyun

Street Ramyun

Penggemar makanan asal negeri Ginseng, Korea juga bisa hadir dan dinikmati pada Street Ramyun. Mobil kuliner Korea ini menawarkan banyak makanan yang khas Korea, seperti Kimchi dan Bibimbap.

Mobil yang digunakan biasanya bervariasi antara single cab, atau MPV serbaguna seperti Daihatsu Luxio dan Daihatsu Granmax. Biasanya Street Ramyun terlihat bergentayangan di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Retro Gourmet

Retro Gourmet

Sesuai dengan namanya, Retro Gourmet menawarkan suasana tema retro yang klasik pada kemasan dan mobil truk yang dipergunakan untuk berjualan. berbeda dengan food truck yang lain, Retro Gourmet lebih mengedepankan penjualan pastry, kue, raisin cake, dan lainnya.

Dengan identik warna merah jambu, biasanya penjual menggunakan mobil dengan format MPV panjang, atau minibus yang digunakan untuk usaha travel. Seperti Toyota Hiace yang punya cabin panjang sampai beberapa meter ke belakang.

Tabanco Coffee

Tabanco Coffee

Agak berbeda dengan yang lainnya, Tabanco Coffee tidak melulu menjual makanan, namun lebih fokus kepada penjualan kopi. Berbagai jenis kopi disediakan oleh pemilik Tabanco Coffee, jelas jadi pemuas dahaga para penggila kopi.

Dari format yang ada, pemilik Tabanco Coffee jelas berusaha memperkental suasana retro dengan cara menggunakan mobil Volkswagen Kombi yang lebar, sehingga mempermudah membawa barang yang banyak. Biasanya hadir di Car Free Day Jakarta.

Red Bucket

Red Bucket

Red Bucket merupakan "provider" makanan dari olahan daging ayam yang sudah sejak tahun 2014 mulai melebarkan sayapnya di belantika kuliner food truck di Indonesia. menu andalan dari Red Bucket antara lain adalah Buttermilk Chicken dan Bucky D Chick seharga 40ribuan.

Red Bucket menggunakan format food truck dari sejak pertama kali memasarkan produknya, menggunakan Toyota Dyna yang punya modifikasi body menarik. Merah menyala dan sangat sulit untuk tidak mengenalinya apabila lewat daerah Halim Perdana Kusuma.

Bebek Dower

Bebek Dower

Masakan olahan bebek memang cukup memberikan peluang yang bagus bagi para wirausahawan. Trend dimulai saat masyarakat Madura dan sekitarnya gemar sekali memasarkan hasil olahan bebek goreng dengan format lalapan.

Hal tersebut kemudian jadi jargon juga pemilik food truck Bebek Dower, dengan motto "Warisan Kuliner Nusantara". Menggunakan truk, biasanya Bebek Dower menyebarkan dagangannya di sekitar Cibubur, menggunakan mobil Double Cab milik Isuzu.

Loading