Sukses

10 Temuan Mobil Klasik Mewah Terbaik di Dunia

Otosia.com Mobil klasik selalu punya pesona tersendiri bagi banyak kolektor dan pecinta mobil mewah eksotis. Keberadaan mobil klasik mewah terkadang sering membuat banyak para konglomerat rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya.

Hal tersebut juga berlaku bagi mobil yang sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya. Bahkan saking berharganya, terkadang usia dan kondisi tak jadi masalah asal masih utuh maka uang dengan jumlah banyak akan langsung mengalir demi membelinya.

Berikut adalah 10 unit temuan mobil klasik mewah yang tercatat paling mahal di dunia. Umumnya mobil-mobil tersebut buatan Eropa dan sudah berusia di atas 40 tahunan. Coba cek sini Otolovers!

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fjr)

Lamborghini Miura P400S 1969

Lamborghini Miura P400S 1969

Lamborghini sebelum menjadi supercar yang terkenal akan fitur futuristik, sudah lebih dulu mengawali sebagai mobil yang eksotis di jaman tahun 1960-an. Seperti Miura P400S yang dihadiahkan oleh Aristotle Onassis kepada Stamatis Kokotas.

 

Kokotas mengendarai mobil tersebut hingga tahun 1972, sebelum akhirnya teronggok di Athens Hilton Hotel tanpa mesin hingga tahun 2012 yang lalu. Mobil tersebut ditemukan Desember 2012 dengan harga hingga US$ 500.000 atau sekitar Rp 7 Miliar

Ferrari 250GTO 1962

Ferrari 250GTO 1962

Setali tiga uang, Ferrari sebagai salah satu pabrikan unggulan asal Italia juga punya line up mobil klasik yang sangat berhaga. Dalam hal ini Ferrari 250GTO yang satu ini. Mobil ini di tahun 1972 dimiliki oleh Joe Korton.

Pada tahun 1972 mobil tersebut dimiliki dan dipergunakan rutin oleh Joe Korton hingga tahun 1986 di Ohio, Amerika Serikat. Namun teronggok begitu saja hingga diambil oleh kolektor Swiss dan dipugar hingga berharga normalnya sampai US$ 18.000 atau sekitar Rp 250 jutaan.

Aston Martin DB4 Convertible

Aston Martin DB4 Convertible

Aston Martin, mobil buatan Inggris yang bikin ngiler banyak kolektor dan penggemar mobil eksotis, dan DB4 Convertible yang satu ini merupakan yang paling langka, karena hanya diproduksi tidak lebih dari 70 unit saja.

 

Mobil ini kemudian salah satunya terakhir kali dimiliki oleh profesor yang bekerja di Oxford dan dimiliki pada tahun 1978. Salah satu mobil yang didokumentasikan oleh Gooding and Company ini ditemukan di sebuah gudang hingga dilelang pada 2011 seharga 310.000 pounds atau nyaris Rp 7 Miliar.

Mercy 300SL Alloy Gullwing

Mercy 300SL Alloy Gullwing

Mercedes juga tak kurang-kurang dalam membuat mobil mewah pada jaman pasca perang dunia kedua. Salah satunya adalah Mercy 300SL Alloy Gullwing yang beredar 1955. Apalagi mobil ini hanya diproduksi 29 unit saja di dunia.

Tom Wellmer adalah salah satu tokoh yang beruntung mendapatkan salah satunya. Sejarah berbicara, mobil dari Tom Wellmer ini rusak pada sisi transmisi. Selama 20 tahun mobil ini teronggok di garasi di Santa Monica, dan Wellmer harus dibujuk dengan banderol US$ 20 juta atau sekitar Rp 432.961.542.000.

Maserati A6G Gran Sport

Maserati A6G Gran Sport

Maserati yang satu ini merupakan mobil sport yang paling digandrungi di jamannya. Karena mobil yang punya catatan sejarah yang heboh karena ditemukan di gudang tua, bertumpuk dan jadi salah satu yang paling mahal di antara mobil mewah lainnya.

Pertama kali meluncur di dunia pada tahun 1957 dengan nama lengkap Maserati A6G Gran Sport Frua Coupe. Dengan model sport, mobil yang teronggok di Prancis ini kemudian dihargai sampai dengan 2 jutaan Euro. Atau sekitar Rp 31 Miliar per unit.

Talbot Lago T26 Cabriolet

Talbot Lago T26 Cabriolet

Talbot Lago bukanlah mobil yang paling terkenal di belantika mobil-mobil mewah lainnya. Tapi mobil yang teronggok satu kamar dengan Maserati A6G Gran Sport tersebut punya rasa otentik yang luar biasa. Mengingat Talbot juga punya sejarah panjang.

Mobil yang berformat sebagai mobil Cabriolet ini punya sejarah spesial, salah satunya adalah karena dimiliki oleh King Farouk dari Mesir. Kepemilikan Raja Farouk tersebut membuat mobil yang bertahun-tahun teronggok berharga sampai 1,9 juta Euro, atau sekitar Rp 29 Miliar.

Ferrari 250 GT SWB California

Ferrari 250 GT SWB California

Mobil Ferrari berwarna hitam yang satu ini punya harga yang sedikit tidak rasional dan tidak bisa diterima akal sehat, karena dari taksiran para kolektor saja mobil hitam legam ini bisa dihargai sampai dengan US$ 13 juta atau sekitar Rp 181 Miliar! Edan!

Yang membuat Ferrari hitam ini bisa berharga sangat mahal sekalipun sudah terbengkalai tanpa pemilik adalah karena dulunya sempat dimiliki oleh Alain Delon. Dan tak butuh waktu lama, setelahnya mobil ini dibeli oleh Jane Fonda pada 1964.

Mercedes-Benz 550K Caracciola

Mercedes-Benz 550K Caracciola

Caracciola adalah salah satu line up legendaris paling bersejarah dalam tonggak berdirinya Mercedes Benz. Karena mobil buatan 1935 juga dibuat dalam jumlah terbatas, sehingga tak semua pemilik mobil mewah dianugerahi kemampuan untuk membelinya.

Salah satu dari mobil tersebut ditemukan di Los Angeles, di tempat yang sungguh tak diduga, yakni di sebuah bak sampah. Hingga mobil ini ditemukan dan kemudian pemiliknya meninggal pada 2001, harganya melambung hingga US$ 1 Juta, atau sekitar Rp 14 Miliar.

Bugatti Type 57S Atlante

Bugatti Type 57S Atlante

Sebelum jauh menuju Bugatti Veyron series, Bugatti sudah menggebrak dunia pada jaman lampau sekitar tahun 1940an. Salah satunya adalah Bugatti Type 57S Atlante. Mobil ini punya rekor persaingan yang cukup intens dengan beberapa mobil mewah lainya. Salah satunya ditemukan di sebuah rumah tua di Amerika Serikat pasca pemiliknya meninggal pada 2009 dalam kondisi tak terawat.

Pada rentang waktu antara 1947 sampai dengan 2007 belum diketahui berapa jumlah pasti dari mobil ini, tapi kabar mengatakan bahwa mobil ini tidak diproduksi lebih dari 17 unit saja! Wajar jikalau lelang bisa menghasilkan angka hingga US$ 4,4 Juta, atau Rp 6 Miliar.

Shelby Daytona Coupe 1964

Shelby Daytona Coupe 1964

Jika Otolovers sekalian bengong melihat kenyataan bahwa Bugatti Type 57S Atlante hanya diproduksi hingga 17 unit, bersiaplah untuk kembali terkejut karena Shelby Daytona Coupe ini oleh Ford hanya diproduksi 6 unit saja, dan hanya 5 yang bertahan hingga 2001.

 

Mei 2015 lalu, salah satu unit dari Shelby Daytona Coupe buatan 1964 ini ditemukan di sebuah gudang setelah teronggok hingga 3 dekade lebih. Ditemukan di garasi seorang wanita bernama Donna O"Hara yang berkebangsaan Inggris dan kemudian dibanderol hingga US$ 4 Juta ata sekitar Rp 5,6 Miliar.

Loading