Sukses

All New Honda CB150R & Minerva New R 150VX, Komparasi Motor "Beda Alam"

Otosia.com Saat dapat kesempatan eksklusif menjajal All New Honda CB150R yang keluar bersamaan dengan All New Honda Sonic, redaksi Otosia langsung melakukan komparasi yang tidak biasa pada dua motor yang sama sekali berbeda generasi, berbeda segmen, berbeda spesifikasi dan memiliki banyak perbedaan lainnya.

Dari tahun generasi saja sudah terlihat perbedaannya, Minerva New 150 R VX lahir tahun 2014 sementara All New Honda CB150R masih hangat keluar dari dapur produksi Honda tahun 2015. Pun tak bisa dielakkan secara reputasi All New Honda CB150R masih satu kelas di atas motor lisensi Jerman.

Namun rasa mendambakan perbandingan yang "out of the box" tak menghalangi untuk memperbandingkan dua motor pria bermesin 150cc yang beda alam ini. Dan secara eksklusif redaksi Otosia menampilkan record spesifikasi Minerva New R 150 VX dan All New Honda CB150R. Check this out!

 (kpl/fjr)

Dimensi

Dimensi

Secara spesifik memang kedua motor ini terlihat lebih panjang, terutama mengingat fakta bahwa keduanya motor pria jadi wajar jika ujung ban depan hingga ujung terbelakang motor lebih terasa panjang daripada motor matik atau cub.

All New Honda CB150R terpatri pada dimensi 2.019 x 719 x 1.039 pada skala milimeter, sementara Minerva New 150 R VX dibentuk dengan dimensi 1.982 x 675 x 935 pada skala milimeter. All New Honda CB150R bisa dibilang cukup terlihat "besar" dibanding New R 150VX.

Dan memang sekalipun sudah ditambahkan fairing, Minerva New R 150 VX masih terlihat "kecil". Terutama jika secara dimensi diperbandingkan dengan motor full faired seperti Yamaha R15. Namun, penambahan fairing dan body yang ada jelas membuat body New 150 VX jadi lebih berat, dimana All New Honda CB150R mencapai angka 135 kg, sementara Minerva New 150 VX bisa maksimal mencapai 150 kg.

Perbedaan juga otomatis terlihat pada sisi tinggi jok yang mencolok. Posisi yang lebih tinggi dimiliki oleh New R 150 VX dibandingkan dengan All New Honda CB150R. Bisa dibilang, untuk urusan kenyamanan penumpang yang dibonceng, All New Honda CB150R menang jauh.

Desain

Desain

Perubahan cukup kentara terlihat dari desain luar dan headlamp All New Honda CB150R dibandingkan Streetfire yang edisi sebelumnya. Bahkan perbedaan juga terasa pada sisi penampilan, sekalipun sebelum ini, seri Honda CB150 sempat mendapatkan facelift.

Tak lagi menggunakan lampu halogen, All New Honda CB150R menggunakan LED yang dipasang di bagian atas. Serta kemudian lebih menggunakan reflektor untuk memancarkan ke arah depan. Sesuatu yang sudah dimulai lebih dahulu oleh Minerva New R 150 VX, bahkan sebelum mendapatkan facelift dan embel-embel nama "new" pada tahun 2013 lalu.

Kesamaan ada di sisi pegangan yang sama-sama menggunakan moda tanduk bagi penumpang di belakang. Sayangnya, redaksi Otosia merasa, keduanya memiliki kelemahan di desain tail lamp yang sama-sama "biasa saja". Minerva New R 150 VX punya lampu yang "mengotak". Sementara All New Honda CB150R diperhias dengan lampu belakang yang lebih menyudut daripada versi sebelumnya, yang sayangnya secara subjektif agak terasa minimalis, jika dibandingkan dengan lampu milik Honda Sonic misalkan.

Membandingkan desain motor naked dan full faired memang tergantung selera, namun secara garis besar kedua motor ini menawarkan dua purpose yang berbeda, sekalipun penggunaan keduanya masih berada di sekitaran penggunaan sehari-hari.

Kaki-kaki

Kaki-kaki

Perbedaan terasa jelas pada sisi kaki-kaki, ukuran dari ban kedua motor ini terasa berbeda sekali. Salah satu contohnya, ban depan dari All New Honda CB150R memiliki ukuran 100/80 x 17 52P dan 130/70 x 17 62P untuk ukuran ban belakang.

Sementara Minerva New R 150 VX memiliki ban yang lebih kecil, 80/90 x 17 untuk ban depan serta 120/70 x 17 untuk ban belakang. Terus terang, redaksi merasa bahwa All New Honda CB150R terlihat lebih kokoh di urusan kaki-kaki, dikarenakan perbedaan ukuran tersebut.

Perbedaan semakin terasa saat melakukan u-turn. All New Honda CB150R memiliki sudut putar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Minerva New R 150 VX yang punya "ganjalan" pada fairing.

Mesin

Mesin

Sama sama memiliki mesin yang berukuran 150cc, ternyata ada sedikit perbedaan secara spesifik. Dimana Minerva New R 150 VX memiliki ukuran mesin mencapai 147,9cc dan All New Honda CB150R mencapai angka 149,16 cc, sedikit berbeda satu sama lain.

Yang terlihat jelas perbedaan adalah pada segi teknologi, karena Minerva New R 150 VX masih menggunakan sistem konvensional karburator pada sistem pembakarannya, sementara All New Honda CB150R sudah menggunakan PGM FI, yang terhitung 2014 sudah mendarah daging pada semua produk motor Honda di seluruh Indonesia.

Komparasi berlanjut pada urusan dorongan mesin yang tertanam di masing-masing motor. Sekali lagi perbedaan terasa di urusan teknologi, karena Minerva New R 150 VX masih menggunakan sistem SOHC 5-percepatan dan All New Honda CB150R sudah menggunakan DOHC 6-percepatan.

Performa

Performa

Moment of truth! Semua yang dituliskan secara spesifik tidak akan berarti tanpa adanya uji coba. Redaksi Otosia merasakan bahwa hentakan awal terasa sangat berbeda di antara dua motor pria yang diperbandingkan ini, apalagi mengingat kompresi All New Honda CB150R mencapai angka 11,3:1 sementara Minerva New R 150 VX "hanya" 9,2:1. Sangat mempengaruhi akselerasi awal.

Namun yang redaksi temukan kesamaan adalah, bahwa kedua motor ini sama-sama memiliki "nafas pendek" di gigi awal. Pada gigi 1-2-3 kedua motor ini cepat sekali harus berpindah gigi. Minerva New R 150 VX misalnya, baru bisa terasa hentakan kencangnya pada gigi 3 yang bisa mencapai angka 80-90 km/jam pada 10.000 rpm.

Gas awal milik All New Honda CB150R terasa enteng, plus ditambah dengan kompresi yang cukup besar, rasanya maklum jika beberapa blogger merasa bahwa motor ini memang lebih unggul bahkan jika diperbandingkan dengan bebek sport macam sejawatnya Honda Sonic dan Suzuki Satria.

Menggunakan apps Android saat memacu kedua motor tersebut, redaksi mencatat angka 7,9 detik yang dibutuhkan bagi Minerva New R 150 VX untuk berakselerasi hingga kecepatan 100km/jam. Dan dengan teknologi yang lebih baru, body yang lebih enteng, plus dorongan Torsi 13,13 Nm pada 7000 rpm. All New Honda CB150R meluncur dengan rekor lebih baik pada 6,8 detik saja. Hasil tersebut tentative tergantung dengan rider yang mengendarainya dan fasilitas dyno test.

Fitur

Fitur

Secara fitur, All New Honda CB150R menawarkan sesuatu yang baru sekali dibandingkan dengan Honda CB150R yang lawas. Salah satunya adalah speedometer yang murni pure menggunakan digital. Tak dijumpai adanya penunjuk analog seperti pada Minerva New R 150 VX.

Perbedaan penggunaan tubular frame pada All New Honda CB150R dan penggunaan Deltabox pada Minerva New R 150 VX ternyata sangat terasa saat berada di kecepatan tinggi. Ditambah body yang sedikit lebih berat, ternyata saat berada di kecepatan 80-90 km/jam, Minerva New R 150 VX terasa lebih stabil, sekalipun dengan ban yang lebih kecil ukurannya.

Pun demikian dengan sisi handle, kedua motor ini memberikan sensasi yang berbeda. Di kecepatan awal sebelum menyentuh angka 60 km/jam, redaksi sempat merasa All New Honda CB150R yang menggunakan telescopic fork bergetar. Sementara Minerva New R 150 VX terasa lebih santun dan memberikan rasa nyaman karena penggunaan suspensi upside down.

Loading