Sukses

Atasi Macet, Aturan Pelat Genap Ganjil Akan Berlaku

Otosia.com Kemacetan tampaknya sudah menjadi pemandangan biasa setiap hari. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Untuk itu diharapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa mencari cara mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

Maka dari itu sebuah kebijakan yang juga diterapkan di beberapa negara tetangga akan diberlakukan juga di Indonesia. Tapi untuk rencananya dengan aturan genap-ganjil ini akan diberlakukan di kawasan Ibu kota terlebih dahulu.

"Kita sudah lakukan rapat dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, ada dua yang dikaji untuk pembatasan kendaraan, yakni sistem gelap-terang dan genap-ganjil," Demikian ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Dwi Sigit Nurmantyas, beberapa waktu lalu.

Ketentuan pemberlakuan sistem pelat genap-ganjil ini diyakini akan sangat terasa dalam atasi kemacetan. Sebab setiap hari pelat kendaraan yang digunakan harus berbeda pada angka digitnya. Misalnya hari Senin pelat dengan digit genap, kemudian Selasa digit ganjil, dan begitu seterusnya.

Kemudian untuk memperjelas dalam penentuan genap dan ganjilnya akan berdasar dua angka terakhir pelat. Misal, pelat mobil B 25164 UTY, berarti genap. Atau misal B 2533 SFA, nah itu berarti ganjil karena dua angka dibelakangnya 33.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/vin)
Loading