Sukses

Pembatasan Ganjil-Genap Tak Hanya untuk Mobil Pelat B

Otosia.com Sistem pembatasan berdasarkan nomor pelat mobil sekiranya masih dibahas lebih jauh. Namun, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, sudah menyebut bahwa cakupan mobil yang akan terkena peraturan ini tak hanya bagi mereka yang memiliki mobil Jakarta atau berpelat B.

Mobil-mobil dari daerah lain atau dengan pelat daerah lain yang masuk ke Jakarta akan dikenai peraturan yang sama.

"Ini untuk semua pelat, bukan Jakarta dan non-Jakarta. Sama saja. Yang dilihat nomor genap atau ganjilnya," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, pekan lalu.

Banyak informasi yang sudah disampaikan terkait hal ini, termasuk jam operasional hingga hari. Penerapan sistem pelat nomor polisi ganjil-genap ini pun menurut rencana akan berlaku setiap hari Senin - Jumat pada pukul 08.00 - 20.00.

Sejumlah perangkat pun diterapkan. Kendaraan dengan nomor ganjil atau genap akan menggunakan stiker dengan warna khusus. Stiker berwarna hijau misalnya akan diterapkan untuk kendaraan ganjil. Sementara itu, nomor genap dengan stiker berwarna merah.

Regulasi ini pun kian diperketat dengan perangkat lain, termasuk perangkat elektronik dan kamera pemantau. Pasalnya disinyalir bahwa sejumlah oknum akan memanfaatkan cara-cara tertentu untuk mengambil keuntungan dalam aturan ini.

Di samping itu, pihak pemantau yang dalam hal ini adalah petugas juga dinilai memiliki jumlah terbatas.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/why/bun)
Loading