Sukses

Sistem Ganjil Genap Berlaku Selepas Januari 2013?

Otosia.com Wacana pengaturan arus lalu lintas berdasarkan pelat nomor ganjil-genap diperkirakan butuh waktu lebih dari dua bulan sejak dibicarakan beberapa waktu lalu. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai bahwa perkiraan pelaksanaan pada bulan Januari 2013 akan terlalu mepet.

"Waktu pelaksanaan kalau Januari terlalu mepet," ujarnya seraya menampik jika kebijakan ini juga dilakukan dengan memanfaatkan momen hari jadi Jakarta pada pertengahan tahun karena akan terlalu lama.

Sistem pembatasan berdasarkan nomor pelat mobil sekiranya masih dibahas lebih jauh. Namun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah menyebut bahwa cakupan mobil yang akan terkena peraturan ini tidak hanya bagi mereka yang memiliki mobil Jakarta atau berpelat Jakarta, tetapi juga dari daerah lain yang masuk ke Jakarta.

Penerapan sistem pelat nomor polisi ganjil-genap ini pun menurut rencana akan berlaku setiap hari Senin-Jumat pada pukul 08.00-20.00.Sejumlah perangkat pun diterapkan. Kendaraan dengan nomor ganjil atau genap akan menggunakan stiker dengan warna khusus. Stiker berwarna hijau misalnya akan diterapkan untuk kendaraan ganjil. Sementara itu, nomor genap dengan stiker berwarna merah.

Regulasi ini pun kian diperketat dengan perangkat lain, termasuk perangkat elektronik dan kamera pemantau. Ada pula kamera video lalu lintas dan ANPR atau Automatic Number Plate Recognition. Perangkat ini bisa menggunakan kamera video CCVT atau sejenisnya, dengan menggunakan optical character recognition (OCR) pada gambar yang diambil oleh kamera. Sistem itu akan mengenai huruf, celah kecil di pelat sehingga untuk membuat mereka lebih jelas dan lebih mudah dibaca.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/why/abe)
Loading