Sukses

Sistem Undian Sukses Atasi Kemacetan di Beijing

Otosia.com Masalah kemacetan lalu lintas di tiap negara hampir memiliki kesamaan dan yang membedakan adalah penanganannya. Jika di Jakarta kini tengah ramai dibicarakan soal wacana sistem ganjil - genap untuk mengurai masalah tersebut, di China telah menerapkan sistem undian.

Sistem undian yang dimaksud adalah untuk pembelian mobil baru, yang telah diterapkan sejak 2011 lalu.

Li Xiaosong, Deputy Director of the Beijing Municipal Commission of Transport (dewan kota bagian transportasi di Beijing), mengatakan dalam sebuah konferensi pers akhir minggu lalu, pembatasan jumlah kendaraan baru lewat undian dinilai sangat efektif membatasi populasi kendaraan.

Setelah peraturan itu dijalankan, hanya 173.000 mobil baru yang terdaftar pada 2011. Angka ini menurun 78 persen dibandingkan 2010.

Xiaosong mengatakan, pemerintah daerah Beijing ingin membatasinya dengan cepat.

Jika sebelumnya pemilik baru bisa mencapai lebih dari 240.000 unit dalam setahun, maka diharapkan pada tahun depan kuotanya akan makin menurun.

Pada peraturan model undian atau lotere tersebut, pelamar yang gagal dua bulan berturut-turut akan dimasukkan kembali pada daftar antrian. Jika ditambah lagi pelamar baru, peluang untuk "menang" semakin berat.

Punya mobil baru pun tambah susah. Undian dilakukan sekali sebulan, tiap tanggal 26. Pemerintah menjamin kejujuran penarikan undian ini dengan melakukannya secara terbuka.

Oktober lalu, satu dari 59 pelamar berhak membeli mobil baru. Sedangkan pada November, diperketat lagi, satu dari 67 pelamar yang boleh beli mobil baru. Hingga akhir November lalu, sudah 1,67 juta pelamar yang ingin boyong mobil ke garasi!

Meski sudah menang, tak bisa langsung beli mobil. Otoritas transportasi setempat juga berhak mempertimbangkan kemampuan pemenang dilihat dari kepemilikannya. Pemerintah juga bisa mendaftarhitamkan pemenang yang tidak melakukan kewajibannya.

Beijing telah mengambil serangkaian langkah untuk mengurangi kepadatan lalu-lintas dalam beberapa tahun terakhir. Selain lotere untuk pembeli mobil baru, Beijing juga membatasi penggunaan mobil berdasarkan nomor polisi, membuka jalur kereta bawah tanah lebih banyak dan mendorong penggunaan angkutan umum.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/bun)
Loading