Sukses

Ganjil-Genap, Jokowi Tidak Takut Dikritik

Otosia.com Program ganjil-genap masih dalam proses hingga saat ini. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo belum mau membeberkan kapan cara itu akan direalisasikan. Dalam tahapannya, Jokowi baru akan mensosialisasikannya jika semua sudah beres.

Ia pun tidak urung terima kritik terkait salah satu cara penanggulangan kemacetan di DKI Jakarta tersebut. "Kalkulasi sudah rampung, baru saya sosialisasikan ke masyarakat. Nanti (kalau ada) saya tidak alergi pada kritik," ujar Jokowi.

Sistem pembatasan berdasarkan nomor pelat mobil sekiranya masih dibahas lebih jauh. Namun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah menyebut bahwa cakupan peraturan ini tidak hanya bagi mobil berpelat Jakarta, tetapi juga dari daerah lain yang masuk ke Jakarta.

Penerapan sistem pelat nomor polisi ganjil-genap ini pun menurut rencana akan berlaku setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-20.00. Sejumlah perangkat pun diterapkan. Kendaraan dengan nomor ganjil atau genap akan menggunakan stiker dengan warna khusus. Stiker berwarna hijau misalnya akan diterapkan untuk kendaraan ganjil. Sementara itu, nomor genap dengan stiker berwarna merah.

Ide terhadap sejumlah perangkat untuk menunjang pengaturan pelat nomor ganjil-genap di kendaraan bermotor antara lain penggunaan sensor dan CCTV. Ada pula saran untuk penggunaan stiker yang antara lain untuk mencegah pemalsuan pelat nomor.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/why/vin)
Loading