Sukses

Transjakarta Akan Tersedia dalam 24 Jam

Otosia.com Menjelang peraturan ganjil-genap, angkutan umum pun dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Satu dari sekian langkah persiapan itu adalah memaksimalkan jadwal pakai transjakarta, dari sebelumnya pagi ke malam menjadi 24 jam penuh.

Pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebutkan bahwa fasilitas ini akan segera direalisasikan seraya mengiringi penambahan ratusan bus yang akan dilakukan bertahap, dan selesai paling lambat pada awal 2014.

Pada awal 2014, nanti diperhitungkan bahwa jumlah transjakarta akan mencapai 1.353 unit. Jumlah itu terdiri dari 669 bus yang telah beroperasi saat ini, ditambah 684 bus baru yang didominasi jenis bus gandeng. Penambahan 684 bus baru tersebut dipecah dua. Sebanyak 450 bus melalui APBD, dan 234 bus lainnya melalui lelang investasi.

Sebanyak 450 bus tersebut akan disebar di beberapa koridor, sedangkan yang 234 bus akan kembali dipecah. Sebanyak 76 bus untuk menambal transjakarta yang mulai rusak di koridor II dan III, lalu 158 bus lain untuk koridor baru yang saat ini telah masuk proses lelang investasi.

Transjakarta sendiri selama ini beroperasi sejak pukul 05.30 sampai 11.00 malam. Warga Jakarta sendiri kini bisa memanfaatkan tiket elektronik atau "E-ticket" untuk memanfaatkan moda transportasi tersebut. Namun dalam langkah promosi ini, kartu baru berlaku di jalur transjakarta koridor 1 Blok M-Kota.

Pembayaran sendiri dilakukan dengan membeli kartu prabayar dari lima bank nasional, yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA dan Bank DKI. Cara penggunaan kartu dengan menempel pada perangkat pembaca kartu. "Selanjutnya saldo akan berkurang, satu kartu sudah ada isi Rp 50.000. Isi maksimal Rp 1 juta," ujar salah satu petugas tiket transjakarta.

Penjualan kartu prabayar tiket elektronik yang bisa diakses di 10 shelter atau halter transjakarta koridor 1 Blok M-Kota, itu berlaku di shelter Blok M, shelter Bundaran Senayan, shelter Bendungan Hilir, shelter Gelora Bung Karno, shelter Karet, shelter Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), shelter Sarinah, shelter Harmoni, shelter Sawah Besar, dan shelter Kota.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/why/vin)
Loading