Sukses

Toyota Kejar 70 Persen Kandungan Lokal Vios

Otosia.com PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan meningkatkan kandungan lokal Vios dari 60 persen menjadi 70 persen. Dalam produksinya mobil yang dibuat di pabrik Toyota Karawang saat ini melibatkan 100 supplier. Dari jumlah tersebut, 20 supplier diantaranya merupakan milik orang Indonesia sepenuhnya.

Pemenuhan 70 persen komponen lokal rencananya akan diwujudkan dalam waktu dekat. "Kami ingin kandungan lokal 70 persen bisa dilakukan dalam waktu cepat," ujar Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN

Toyota Vios

Sedikitnya ada 20 supplier asal Jepang yang berinvestasi 100 persen di Indonesia. Sementara sisanya diisi perusahaan patungan antara Indonesia-Jepang, Prancis-Indonesia, Prancis-Jepang, Singapura dan Taiwan.

Sementara terkait pasar ekspor, TMMIN belum punya agenda mengekspor Toyota Vios dan Limo ke sejumlah negara. Diproduksi di pabrik TMMIN, kedua mobil tersebut hanya diperuntukkan bagi pasar dalam negeri Indonesia. Toyota Limo sendiri lebih ditujukan bagi armada perusahaan transportasi (taksi).

Toyota Vios

Pemenuhan pasar domestik dan peningkatan devisa negara dari produksi kendaraan di Indonesia menjadi alasan Toyota belum memikirkan pasar ekspor.

"Kita belum memikirkan (rencana) ekspor. Vios dan Limo hanya untuk para pembeli lokal, agar masyarakat Indonesia menikmati mobil yang dibuat di dalam negeri," tandas Nonami.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr/sdi)
Loading