Sukses

7 Berita Mobil Baru Dunia Terpopuler

Otosia.com Tidak jauh berbeda dengan pabrikan motor dunia, pabrikan mobil kelas dunia juga menyambut pergantian tahun baru menuju 2014 dengan mengambil strategi peluncuran banyak macam produk terbarunya.

Sosok mobil yang tersaji kali ini ialah berita mengenai mobil-mobil kelas dunia yang dipersiapkan bahkan sudah mengawali debutnya untuk model tahun 2014 ini. Mulai dari mobil gahar "Muscle car" si Ford Mustang 2014 yang menyandang gelar All-New hingga sosok fenomenal dari generasi Honda Jazz/Fit yang muncul dengan versi SUV.

Tidak perlu berlama-lama, mari kita simak berita selengkapnya tentang deretan mobil fenomenal di penghujung tahun 2013 ini. Berikut berita-berita mobil terpopuler versi otosia.com (bagian pertama).

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/abe)

Ford Mustang 2014/2015

Ford Mustang 2014/2015

Ford akhirnya kembali melahirkan generasi keenam dari si muscle car-nya yakni Mustang, mobil dengan performa dan tampang yang "bengis" ini akhirnya berani menampakkan jati dirinya yang terbaru (2014/2015).

Dengan perubahan desain yang evolusioner tanpa meninggalkan karakter khas muscle car sejak generasi pertamanya, Mustang 2014 ini menjelma menjadi sosok yang benar-benar baru atau The All New.

The All New Ford Mustang 2014/2015

Mustang 2014/2015 ini menerima beberapa unsur gaya yang lebih segar dan modern, seperti halnya desain gril trapezoidal (trapesiumnya) yang semakin gahar dan berkarakter, belum lagi ditambah desain headlamp yang semakin tipis dan "tajam". Untuk sektor buritan, aroma klasik tetap nampak dengan postur atap dan fastback klasik.

Update interior tergolong banyak perubahan meskipun tata letak masih cenderung sama dengan generasi sebelumnya. Ford menjanjikan untuk memberikan kokpit dengan banyak bahan-bahan berkualitas tinggi dan teknologi baru, termasuk Inteligent Access, SYNC, MyFord Touch, Track Apps, MyColor gauges, Blind Spot dan Shaker Pro sistem audio.

The All New Ford Mustang 2014/2015 - Interior kockpit

2015 Mustang juga diharapkan untuk memberikan penanganan yang lebih baik berkat terpisahnya link-suspensi belakang yang baru dengan jari-jari belakang aluminium, sistem kontrol stabilitas dan sistem kontrol launch standar yang terbaru.

The All New Ford Mustang 2014/2015 - Buritan

Pindah ke sektor mesin, Mustang terbaru ini akan dijual dengan pilihan tiga powerplants. Antara lain untuk entry-level akan dibekali dengan mesin V6 3.7 liter yang setidaknya bertenaga 300 hp dan torsi 270 lb-ft torsi, untuk versi Eropa dibekali dengan mesin bertenaga lebih dari 305 hp dan torsi 300 lb-ft pada mesin 2,3 liter EcoBoost empat-potter. Terakhir, paling populer yakni mesin 5.0 liter V8 yang akan bertenaga lebih dari 420 hp dan torsi 390 lb-ft.

 

MINI Cooper 2014/2015

MINI Cooper 2014/2015

Setelah beberapa tahun ini sukses dengan model mobil yang unik dan mungil. Kini akhirnya Mini mulai sedikit merubah karakter tersebut dengan menambahkan beberapa paduan kenyamanan dengan teknologi mesin yang ramah lingkungan.

Untuk model tahun 2014 atau beberapa kalangan menyebutnya model tahun 2015, pada hakikatnya keduanya sama saja hanya istilah penamaannya saja yang berbeda. Dirilis oleh Automotive dan Carscoop, belakangan diketahui sosok resmi Mini Cooper terbarunya ini.

Mini Cooper (S) 2015

Apa saja yang baru?

Dituntut untuk lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan juga menghormati pengguna jalan khususnya para pejalan kaki dari segi ukuran. Mini mulai merubah desain model barunya ini berikut teknologi mesinnya yang lebih kecil. Namun tetap dengan desain eksterior yang stylish.

Mini Cooper 2015 - Interior

Fitur Utama

Meski beberapa kalangan menganggap tubuhnya agak sedikit lebih besar, hal ini terlihat dari desain moncongnya yang lebih panjang, tetap saja desain mungilnya menjadi daya tarik tersendiri.

Mini Cooper S 2015 - Mesin

Rencananya akan dua varian yang mengusung desain eksterior terbaru ini yakni Mini Cooper dan Mini Cooper S. Keduanya akan dibekali dengan beberapa fitur pilihan yang canggih seperti;

  • Mesin berbasis turbocharged tiga-silinder 1.5 liter dengan tenaga sekitar 134-136 hp untuk Cooper.
  • Cooper S dibekali dengan mesin 2.0 liter empat-silinder yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 189-192 hp.
  • Dibekali dengan suspensi adjustable dan merupakan fitur pertama di keluarga Mini.
  • Memiliki bobot kendaraan yang lebih ringan meskipun mengalami sedikit perubahan model yang cenderung lebih besar dari model sebelumnya.
  • Teknologi MiniConnected yang terbaru telah disematkan.

Mini Cooper (S) 2015

 

All New BMW M3 dan M4 2014

All New BMW M3 dan M4 2014

Tepat hari ini (12/12) pabrikan BMW yang bercokol di negara Jerman mengawali debut world premier dua mobil terbarunya untuk tahun 2014 mendatang. Kedua jagoan terbarunya itu adalah All New BMW M3 sedan dan kembarannya All New BMW M4 coupe. Keduanya dibekali dengan desain eksterior terbaru yang lebih "peka" terhadap tingkat aerodinamis.

Mobil sport ini merupakan kelanjutan dari flagship BMW M dengan menghadirkan All New BMW M3 ini sebagai generasi yang kelima. Sedangkan All New BMW M4 generasi pertama yang didaulat menjadi penerus kejayaannya ini. Pertama dalam strategi peluncuran mobil-mobil BMW, M4 coupe diluncurkan secara bersamaan dengan mobil yang sama namun berjenis sedan (4-pintu).

All New BMW M3 Sedan 2014

Dua mobil yang identik dari segi desain eksterior dan mesinnya ini merupakan rancangan BMW GmbH yang mengacu pada performa tangguh BMW M model. Dibekali dengan mesin 6-silinder segaris berteknologi turbocharger (M TwinPower turbo) yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 431 hp serta torsi puncak mencapai 550 Nm.

Torsi yang dapat dicapainya saat ini meningkat sekitar 40 persen dari torsi generasi M3 sebelumnya. Namun justru mampu menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) hingga 25 persen. Baik M3 dan M4 terbaru ini, keduanya mampu mencapai kecepatan 0-100 kmh/kpj hanya dalam waktu 4,1 detik saja, dengan catatan menggunakan opsi transmisi M Double Clutch 7-percepatan).

All New BMW M4 2014

Selain itu, dengan konfigurasi mesin yang lebih "kecil" ini meningkatkan performa secara signifikan berkat berkurangnya bobot seri terbaru ini hingga 80 kg daripada M3 yang sebelumnya.

 

Hyundai i40 dan Tourer

Hyundai i40 dan Tourer

Hyundai resmi meluncurkan duo jagoan barunya Hyundai i40 Sedan dan Tourer, Jum"at (15/11).

Peluncuran dua mobil macho tersebut berlangsung di pagelaran otomotif paling bergengsi di Malaysia, Kuala Lumpur International Motor Show (KLIMS) 2013.

Hyundai i40 didesain dengan rancangan "fluidic sculpture" yang terinspirasi dari aliran air yang memahat bentuk setiap benda yang dilewatinya, yang sama dengan desain Hyundai Sonata. Desain wajah cantik seakan tengah tersenyum dihiasi oleh hexagonal grille yang sporty dan headlamp HID dan Dytime Running Lights.

Bagian wajah Hyundai i40 Tourer

Hyundai i40 Tourer rear view

Masuk ke dalam kabin, interior penuh dengan kemewahan lapisan kulit berwarna hitam dilengkapi teknologi terbaru seperti smart key with push start, cruise control, bluetooth, sistem pengenal suara, dual-zone auto air con dan berbagai kecanggihan lainnya. Khusus untuk i40 Tourer, akan ada teknologi Audio Video Navigator (AVN) dan rear-seat entertainment khusus yang tak ada dalam versi sedannya.

Tampil macho, duo baru Hyundai ini memiliki ruang kabin yang cukup luas. Dari segi ukuran, i40 Tourer bisa memuat hingga 553 liter muatan dengan tailgate otomatis. Sedikit lebih kecil, i40 versi sedan mampu diisi muatan hingga 505 liter dengan 20 liter ruang underfloor.

Bisa memuat hingga 553 liter untuk i40 Tourer

i40 sedan punya underfloor yang muat 20 liter

Penampakan eksterior dan interior yang sudah keren tentunya harus diimbangi dengan dapur pacu yang mantab. Mesin GDI berkapasitas 2.0 liter yang mampu meledakkan tenaga hingga 177 hp dan torsi puncak mencapai 214 Nm dipadu six-speed torque converter gearbox buatan Hyundai menjadi sumber tenaga duo mobil baru tersebut.

keduanya pakai mesin GDI 2.1 liter

Mesin GDI berkapasitas 2.0 liter

Semua keistimewaan duo jagoan baru Hyundai i40 ini dipatok dengan harga RM 159.888 atau sekitar Rp 579 jutaan untuk Hyunda i40 sedan. Sementara Hyundai i40 Tourer akan dilepas dengan harga RM 178.888 yang setara dengan Rp 644 jutaan.

 

Honda Jazz/Fit RS 2014

Honda Jazz/Fit RS 2014

Honda Jazz atau dikenal juga dengan Honda Fit, kembali mengupgrade seri teranyar mereka dengan menghadirkan Jazz RS 2014. Citycar yang sempat menguasai pasar hingga 4,87 juta unit di pasar global ini, kini tampil makin istimewa.

Honda Jazz RS 2014

Seri upgrade ini ternyata ditawarkan dengan 3 tipe mesin. Jenis pertama mengadopsi jantung pacu Atkinson DOHC i-VTEC berkapasitas 1.3 liter. Mesin ini juga dikawinkan dengan CVT untuk efisiensi yang menghabiskan hanya 26 km/liter.

Honda Jazz RS 2014

Seri ke-2 diaplikasikan dengan mesin berkapasitas 1.5 liter direct injection DOHC i-VTEC. Sedangkan mesin ke-3 disokong dengan mersin 1.5 Atkinson DOHC i-Vtec yang dikawinkan dengan tenaga elektrik. Jantung pacu ini pun masih diserasikan dengan 7 percepatan DCT (Dual Clutch Transmission).

Honda Jazz RS 2014

Citycar seri anyar ini hadir dengan desain yang lebih aerodinamis. Performa suspensi pun turut ditingkatkan. Oleh karenanya, Honda kepada indianautosblog (20/11), mengklaim bahwa Honda Jazz RS 2014 merupakan bentuk layanan istimewa dalam berkendara. Tampilannya baru dan nyaman, serta minim getaran.

Fitur yang ditanamkan meliputi VSA (Vehicle Stability Assist), HSA (Hill-Start Assist) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Honda Jazz RS 2014

 

Toyota Aqua G Sport

Toyota Aqua G Sport

Dalam ajang pameran otomotif yang akan diselenggarakan di negeri Sakura - Jepang yakni Tokyo Motor Show (TMS) 2013, Toyota tengah bersiap untuk memunculkan kandidat kuat pesaing Honda Jazz.

Toyota Aqua G Sports merupakan mobil yang sejenis dengan pesaingnya yang lebih dahulu terkenal itu. Sedianya, Toyota akan memunculkan dan memperkenalkannya pada dunia di TMS 2013 yang berlangsung 20 November mendatang.

Toyota Aqua G Sport

Hatchback hybrid ini akan dipertemukan dengan pasar All New Honda Jazz Hybrid di pasar global. Mengusung model yang sporty membuatnya semakin lengkap dengan pembekalan fitur-fitur canggih seperti ABS, EBD, dan brake assist.

Toyota Aqua G Sport - interior

Toyota membekalinya dengan mesin 1500cc yang diserahkan sepenuhnya khususnya masalah set-up kepada "bengkel" Gazoo Racing untuk mendukung performa yang lebih mantab. Wheelbase hatchback Toyota ini memiliki panjang sekitar 2,250mm. Untuk pemasarannya sendiri diperkirakan akan mulai muncul di Jepang sekitar usainya ajang TMS 2013.

Toyota Aqua G Sport - Back side

 

Honda Vezel (Jazz SUV)

Honda Vezel (Jazz SUV)

Salah satu pagelaran otomotif paling bergengsi di Jepang, Tokyo Motor Show 2013, hari ini mulai dibuka dan bakal berlangsung hingga tanggal 01 Desember 2013 kelak. Sebagai automaker kenamaan dunia, tentunya Honda juga turut memeriahkan ajang otomotif ini.

Di booth Honda yang jadi salah satu yang paling digemari pengunjung, nampak hadir sebuah sosok baru yang belum pernah terlihat sebelumnya. Ia adalah Honda Vezel, mobil kelas SUV yang didesain berdasarkan generasi ketiga Honda Jazz.

Tampilan muka Honda Vezel

SUV paling anyar Honda ini diklaim menyajikan kualitas dan keistimewaan SUV dengan tampilan elegan ala coupe yang fungsionalitasnya tak kalah dengan minivan. Memang jika dilihat dari luar, Honda Vazel ini tampil elegan dengan desain baru yang amat menjanjikan.

Honda Vezel side view

Honda Vezel rear view

Tak berhenti disitu saja, hadir sebagai mobil hybrid, Honda Vezel mengadaptasi mesin satu motor Sport Hybrid i-DCD system yang menyajikan tenaga 110 hp dan torsi 134 Nm dengan transmisi seven-speed twin-clutch. Detail dan spesifikasi yang lebih lengkap seputar mobil SUV paling anyar Honda ini baru akan diumumkan pada tanggal 19 Desember mendatang.

BACA LANJUTANNYA : 7 Berita Mobil Baru Terpopuler (Part 2)

Loading