Sukses

Mobil Listrik Akan Pecahkan Rekor Tempuh 5.000 Km di Afrika

Kapanlagi.com - Sebagai kendaraan transportasi, sepertinya pada saat ini memiliki sebuah tuntutan agar mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar sedikit mungkin dan juga tentunya mampu membantu menghijaukan lingkungan dengan menghasilkan angka emisi gas buang CO2 yang kecil.

Otosia.com Seperti yang dilakukan oleh sebuah mobil van tenaga listrik, yang memiliki tujuan menunjukkan kemampuan serta melakukan promosi sekaligus dalam penggunaan "Green Energy", yang mencoba melakukan perjalanan panjang dari daerah bagian Timur ke bagian Selatan Afrika.

"Kami ingin membuktikan dan mengubah sudut pandang seseorang akan kendaraan tenaga listrik," kata Xavier Chevrin sebagai pengemudinya, saat ditanyai perihal pemecahan rekor ini di kantor UN Environment Programme (UNEP), sebelum memulai ekspedisi ini yang dimulai dari ibu kota Kenya.

Seperti yang disampaikan inautonews beberapa hari lalu, mobil ini memulai perjalanannya pada hari Jumat (11/05/2012), yang diperkirakan akan menempuh perjalanan sejauh 5.000 km. Dan perjalanan ini akan menuju ke Selatan Afrika dengan melalui Tanzania, Zambia, Zimbabwe dan Botswana, dengan mengakhiri petualangan di Johannesburg yang diperkirakan tiba pada bulan Juni 2012 ini.

Dan ini merupakan suatu perjalanan jauh yang pertama kali dilakukan oleh sebuah kendaraan tenaga listrik, di mana memang untuk bertujuan membuktikan kalau kendaraan listrik juga mampu menempuh jarak yang jauh tidak hanya sebagai kendaraan yang dipergunakan di perkotaan saja.

Mobil van yang akan digunakan dalam ekspedisi ini adalah Citroen Berlingo yang merupakan mobil tenaga listrik, di mana motor listriknya dibuat oleh Venturi yang juga dipakai oleh La Poste, yaitu kendaraan pengantar surat di Prancis. Dengan motor listrik ini, mobil mampu menempuh jarak 500 km dalam satu kali isi penuh baterainya (dalam ekspedisi ini menggunakan 3 kapasitas baterai). (kpl/vin)

Video Paling Dicari saat Ini
Loading