Sukses

Beda Rp 6 Juta, Pilih All New Xenia ASA atau Mobilio RS?

Otosia.com PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini meluncurkan generasi ketiga Daihatsu Xenia. Debut mobil tersebut berlangsung pada hari pertama GIIAS 2021.

All New Daihatsu Xenia hadir dengan banyak rombakan, mulai dari eksterior, interior, dan fitur. Bahkan konfigurasi mobil itu berubah menjadi penggerak roda depan (FWD) dari sebelumnya penggerak roda belakang (RWD).

Yang menarik, salah satu versi termahal New Xenia mempunyai perbedaan harga sekitar Rp 6 juta dengan Honda Mobilio RS. Berbeda dengan Xenia, LMPV andalan Honda ini belum mengalami banyak perubahan.

Lantas dengan perbedaan harga yang cukup berdekatan, siapa lebih unggul?

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Eksterior dan interior

Interior Daihatsu Xenia 1.5 ASA (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Secara tampilan, All New Daihatsu Xenia mengusung bodi yang lebih bongsor dengan beberapa sentuhan sporti. Mobil itu terlihat lebih modern dibanding sebelumnya dengan penggunaan lampu depan dan belakang LED dan pelek two tone 16 inci.

Sama dengan eksteriornya, kabin Xenia terbaru tidak mempunyai kemiripan dengan model sebelumnya. Mobil tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur kenyamanan, seperti armrest depan dan belakang, kursi sofa modehead unit dengan Apple CarPlay dan Android Auto, MID berwarna, AC digital, serta bentuk dasbor baru.

Next

Sedangkan Honda Mobilio RS masih mengusung styling yang sama sejak faceliftnya di tahun 2017. Mode ini belum dilengkapi pencahayaan LED, kecuali di bagian DRL, namun setidaknya pelek itu sudah two tone.

Sama seperti Xenia, interior Mobilio RS mayoritas dipenuhi warna hitam dengan aksen-aksen oranye. Hanya saja desain kabinnya terbilang kurang modern, mengingat interiornya tidak berbeda dengan Honda Brio RS.

Fitur Honda Mobilio RS belum bisa menyaingi All New Xenia. Head unit mobil itu belum bisa Apple CarPlay dan Android Auto, tidak ada armrest di depan maupun belakang, serta MID di speedometer belum berwarna.

Fitur keselamatan dan performa

Interior Honda Mobilio RS (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Selain kabin dengan fitur mumpuni, All New Daihatsu Xenia juga dilengkapi peranti keselamatan canggih. LMPV itu sudah dilengkapi Advanced Safety Assist (ASA) yang mencakup Lane Departure Warning and Prevention (LDW-P), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lead Vehicle Departure Warning, dan Pedal Misoperation Control.

Sementara kelengkapan keselamatan Mobilio RS jauh lebih standar. Honda hanya membekali Mobilio dengan ABS, EBD, dan dual airbags. Padahal, fitur seperti Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sudah banyak ditemukan di rival-rivalnya.

Next

Urusan performa Xenia terbaru tidak sekuat Mobilio RS. LMPV “sejuta umat” itu mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated dengan tenaga 106 PS dan torsi 138 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Di sisi lain, Honda Mobilio RS mempunyai paket jantung pacu dan transmisi yang sama, tetapi dengan output lebih tinggi. Mesin bawaanya menghasilkan 120 PS dan torsi puncak 145 Nm.

Next

Untuk harga, Daihatsu Xenia 1.5 R ASA dibanderol Rp 242,4 atau Rp 243,9 untuk special color. Sedangkan Honda Mobilio RS CVT diberi harga Rp 250 juta.

Dengan Xenia menawarkan banyak perubahan dan fitur baru, sementara Honda Mobilio RS mempunyai mesin lebih kuat, mending pilih yang mana?

Loading