Sukses

Wacana Diskon PPnBM 100% Permanen, Toyota: Ekonomi Akan Lebih Baik

Otosia.com Kementrian Perindustirian (Kemenperin) baru saja mengusulkan agar insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) menjadi permanen.

Namun pemerintah mewajibkan bahwa mobil yang hendak mendapatkan diskon PPnBM harus mempunyai konten lokal sebanyak 80%. Sementara kendaraan yang saat ini masih mendapatkan diskon pajak baru memiliki local purchase sekitar 70%.

Bahkan salah satu mobil andalan Toyota, Avanza, kabarnya baru memenuhi konten lokal sebesar 78%. Menyikapi standar baru kandungan lokal yang lebih tinggi, PT Toyota Astra Motor (TAM) ikut agkat bicara.

 

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

TAM Mendukung

TAM yang diwakili Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran menyatakan mendukung peraturan terbaru PPnBM.  Pasalnya adanya diskon pajak, tingkat pembelian mobil ikut naik. Selain itu kebijakan tersebut dapat mendongkrak industri otomotif dalam negeri secara keseluruhan.

"Dengan adanya insentif ini, sebenarnya banyak benefit yang kita bisa dapatkan baik dari sisi industri otomotif maupun ekonomi secara nasional. Jadi wacana untuk memperpanjang insentif PPnBM, saya rasa wajar-wajar saja untuk menjadi salah satu opsi untuk mendukung industri otomotif kedepannya," kata Anton di sela-sela acara jumpa pers vitual, Selasa (21/12/2021).

Toyota Avanza (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

 

 

Next

Persoalan konten lokal yang kurang terpenuhi, Toyota tidak merasa khawatir. Sama seperti kasus Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang sebelumnya mempunyai local purchase di bawah 80%, kini dinyatakan sudah memenuhi regulasi untuk mendapatkan potongan pajak PPnBM.

Namun demikian TAM terus berupaya untuk meningkatkan local content mereka, meskipun peraturan diskon pajak PPnBM makin diperketat.

"Avanza yang beberapa bulan lalu didaftarkan dengan konten lokal sekitar 78%, terakhir saya dengar dari teman-teman ADM sudah meningkat di atas 80%. Jadi kami Toyota Indonesia selalu appeal kepada prinsipal untuk melakukan localized purchase dan production," ujarnya.

 

Next

Sementara itu Bob Azam, Director Corporate and External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ikut menimpali. Menurut dia, perpanjangan PPnBM dapat mempercepat pertumbuhan otomotif Indonesia dan memberikan multi efek yang baik bagi industri pendukungnya.

"Kalau pemerintah bisa memberikan insentif yang sifatnya permanen, harapannya market sizenya Indonesia juga bisa berkembang lebih cepat lagi dan multiplier ekonominya akan menjadi lebih baik," tutup pria yang akrab di sapa Bob ini.

 

Next

Loading