Sukses

Beda Rp 5 Juta, Pilih Toyota Veloz Q TSS atau Toyota Sienta Q?

Otosia.com PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu merilis dua mobil andalannya, All New Toyota Avanza dan Veloz. Model yang kedua, kini diposisikan sebagai pilihan premium di atas Avanza.

Untuk membedakan di antara keduanya, Toyota membuat bodi dan interior Veloz yang berbeda dengan Avanza, meski sebagaian besar komponen yanng menjejali keduanya sama.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Di luar Avanza, mengenai banderol, harga Toyota Veloz beda tipis dengan Sienta. Sebagai contoh, harga tipe tertinggi Veloz Q TSS bersinggungan dengan banderol Sienta yang tidak masuk pada segmen LMPV.

Dengan selisih harga Veloz dan Sienta termahal yang mepet-mepet, mana yang lebih layak dipinang di antara keduanya?

Eksterior

Ilustrasi pintu sliding Toyota Sienta (Toyota)

Untuk membandingkannya, dimulai dari sektor luar. Eksterior kedua mobil ini mengusung desain yang berbeda. Toyota Veloz mempunyai desain mengarah SUV di mana bodi terlihat bongsor akibat penggunaan fender besar dan overall styling yang lebih tegas.

Dari sisi kelengkapan, Veloz dibekali lampu depan dan belakang LED, pelek 17 inci two tone, dan lampu sein depan yang sudah sequential.

Next

Berbeda dengan Veloz, ekstrior Sienta condong lebih membulat. Mobil ini mempunyai desain seperti mobil-mobil Jepang yang minim lekukan tajam di sekujur bodinya. Daya tarik Sienta ada pada pintu samping sliding, mengingat rival mobil ini sebelumnya adalah Honda Freed yang sudah tidak lagi dipasarkan di Indonesia.

Secara dimensi, Veloz lebih panjang dan lebar dibanding Sienta. Tercatat Veloz mempunyai panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sedangkan Sienta memiliki panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, serta tinggi 1.695 mm.

Interior

Interior Toyota Veloz (TAM)

Bagian interior kedua MPV ini sama-sama menarik. Veloz mempunyai bentuk dasbor modern, sedangkan dasbor dari Sienta nampak dipenuhi garis-garis membulat dan speedometer yang berada di atas lingkar kemudi.

Hanya saja, dari kelengkapan fitur, LMPV andalan Toyota itu lebih mumpuni. Toyota menyematakan speedometer full digitalambient lightingwireless charging, layar lipat untuk baris kedua, dan kursi dengan mode sofa.

Kendati demikian, Sienta masih cukup komplet. Mobil itu sudah dilengkapi AC digital otomatis, armrest depan dan belakang, dan keyless entry dengan tombol start-stop.

Fitur keselamatan dan performa

Interior Toyota Sienta (Toyota)

Untuk fitur keselamatan, Veloz juga sedikit lebih mumpuni. Meski kedua mobil itu sudah dilengkapi 6 airbags, ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC), Veloz sudah punya teknologi Toyota Safety Sense (TSS).

Artinya LMPV ini sudah disematkan beragam teknologi keselamatan canggih, di antaranya Blind Spot Monitoring (BSM), Forward Collision Mitigation (FCM), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Pedal Missoperation Control, dan Front Departure Alert.

Next

Sementara dapur pacu kedua MPV ini sama-sama menggunakan mesin 1.500cc naturally aspirated. Hanya saja Sienta memboyong mesin 2NR-FE dengan semburan tenaga 107 hp dan torsi 140 Nm, sedangkan Veloz dibekali jantung 2NR-VE yang menghasilkan 106 hp dengan torsi 137 Nm.

Sienta dan Veloz juga sama-sama berpenggerak roda depan (FWD) dan disematkan transmisi CVT.

Untuk harga, Toyota Veloz Q TSS dibanderol Rp 291,5 juta. Sementara Toyota Sienta Q dijual Rp 296,4 juta. Dengan perbedaan hanya Rp 5 juta, mending pilih yang mana?

Loading