Sukses

Honda Kembalikan Uang Pembeli BR-V Jika Diskon PPnBM Diperpanjang

Otosia.com Kementerian Perindustrian RI beberapa waktu lalu telah mengusulkan diskon Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil baru diberlakukan permanen.

Sejauh ini usulan tersebut belum ditetapkan. Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan program relaksasi pajak sedang dikaji ulang sebelum diputuskan.

Lantaran belum ada keputusan soal diskon PPnBM permanen, sejumlah agen pemegang merek (APM) sudah melakukan penyesuain harga jual mobil mulai Januari 2022. Salah merek yang melakukan koreksi harga adalah Honda.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Honda BR-V

Honda BR-V di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk BR-V, meski ditawarkan dengan harga sesuai aturan pajak berbasis emisi, namun SUV ini belum mendapatkan diskon PPnBM.

Tak ayal banderol All New BR-V lebih tinggi dibanding rivalnya. Sebagai contoh, Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander varian tertinggi dibanderol di bawah Rp 300 juta saat mendapat relaksasi pajak, sementara Honda BR-V termahal dijual Rp 340 juta.

"Harga (All New BR-V) sudah termasuk pajak emisi, tanpa relaksasi PPnBM," ungkap Yusak Billy Business Innovation & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), di sela-sela acara serah terima All New Honda BR-V ke konsumen baru-baru ini.

Next

Namun pihak HPM memberikan harga khusus kepada para pembeli Honda BR-V hinggal 31 Desember 2021 lalu. Honda memberikan banderol spesial berupa potongan harga sebesar Rp 3 juta.

"Orang yang melakukan pemesanan tanpa test drive itu kami hargai, sampai 31 Desember 2021. Jadi tidak terkena adjustment harga yang dilakukan setiap tahunnya, yaitu Rp 3 juta," tambahnya.

Pengembalian uang

Deretan All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Menurut Yusak, harga Honda BR-V akan menyusut jika diskon pajak telah diberlakukan kembali. Terlebih BR-V telah memiliki kandungan lokal sebesar 80%, sebagai syarat baru mendapatkan potongan pajak permanen.

All New Honda BR-V sudah mempunyai local purchase sebesar 80%. Jadi pada saat peraturan itu dikeluarkan, kami pasti adjust harga jualnya kalau relaksasi PPnBM diperpanjang," jelasnya.

Selain itu Honda akan mengembakikan uang atau refund kepada konsumen BR-V jika aturan pajak baru tersebut diberlakukan oleh pemerintah.

"Pasti kami refund untuk pemesanan yang sudah dilakukan, sampai nanti kapan peraturan itu ditetapkan. (Waktunya) tergantung kapan peraturan itu keluar," tutup Billy.

Loading