Sukses

Begini Rasanya Menjajal All New Honda BR-V Jakarta-Solo

Otosia.com PT Honda Prospect Motor (HPM) memberi kesempatan kapada awak media untuk menjajal langsung All New BR-V, termasuk Otosia.com beberapa waktu lalu. Tidak tanggung-tanggung, rute yang dipilih adalah Jakarta – Solo, Jawa Tengah.

Sebanyak 30 unit All New BR-V yang dikendarai para jurnalis melalui tol trans Jawa dan tol Semarang-Solo dengan total jarak tempuh sekitar 500 km.

Seluruh mobil yang disediakan HPM adalah tipe termahal Honda BR-V Prestige with Honda Sensing. Dengan kata lain, BR-V yang kami coba mempunyai seluruh fitur dan teknologi Honda terbaru.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Tampilan dan interior

All New Honda BR-V Kursi Belakang All New Honda BR-V Interior All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Secara visual, Honda BR-V telah meninggalkan bahasa desain lamanya, sudah tidak ada lagi punya kemiripan dengan Mobilio. All New BR-V mengusung tampilan lebih bongsor, tinggi, dan modern.

Berbeda dari versi sebelumnya, BR-V  terbaru punya sosok gagah dan tangguh. Perpaduan tiap garis di bodi mobil ini lebih menyambung dan tegas. Sementara pelek 17 inci terbarunya melengkapi sosok keseluruhan mobil ini.

Untuk bagian interior, Honda sukses membuat feel interior BR-V lebih mewah dengan penggunaan jok kulit, armrest depan dan belakang, serta mempunyai head liner berwarna hitam.

Next

Interior All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kendati demikian, jika boleh memberi saran, BR-V mungkin akan lebih spesial jika dasbor mengadopsi milik Honda Amaze, sebuah sedan kecil berbasis dari Brio untuk pasar India.

Namun demikian Honda memberikan panel-panel empuk di bagian sandaran pintu dan sedikit di atas laci penyimpanan. Kedua bagian ini menggunakan material yang cukup keras, membuat tingkat kemewahan mobil ini berkurang.

Tidak hanya itu, rem tangan mobil ini masih manual dan bagian laci penyimpanan di depan belum soft opening, tidak seperti pesaing di kelasnya.

Kenyamanan

Kursi belakang All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Tingkat kenyaman All New Honda BR-V tergolong sangat mumpuni. Dibanding model sebelumnya yang terkenal keras dan cukup bising di bagian interiornya, BR-V terbaru sekarang lebih kedap dan mempunyai reborn suspensi yang empuk.

Hal ini terasa langsung pada saat melewati tol Trans Jawa, di mana sebagian besar jalur menggunakancor-coran beton. Meski masih ada suara masuk dari area kolong roda, keheningan pada kabin All New BR-V terbilang baik.

Kami dan beberapa media lainnya sempat menerjang beberapa lubang yang cukup dalam, minim vibrasi dan mempunyai daya rebound suspensi yang cepat. Sebagai gantinya, essence sporti pada BR-V sebelumnya tidak terasa pada model terbaru ini.

Next

All New Honda BR-V memasuki jalan tol Ungaran-Solo (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Suara mesin mobil ini masih terasa menembus kabin, terutama di putaran mesin (rpm) tinggi. Namun menurut kami, hal ini tidak terlalu menggnggu, mengingat BR-V masuk ke dalam kelas LSUV.

Visibilitas mobil terbilang mumpuni berkat ukuran kaca yang cukup besar, kap mesin datar dan adanya Honda Lane Watch yang membantu melihat blind spot pada saat berpindah jalur.

Next

Sayangnya fitur Honda Lane Watch hanya tersedia untuk spion kiri.  Kekurangan ini tentunya menjadi perhatian Honda kedepannya, dengan menyematkan peranti yang sama untuk spion kanan. Pasalnya ini sangat berguna saat berkendara dalam kondisi hujan lebat.

Selain itu, Honda BR-V terbaru juga belum dilengkapi setir teleskopik. Jika fitur ini dihilangkan untuk varian bawah, hal ini masih bisa dipahami. Hal yang sama juga tidak ada pada tipe termahalnya.

Teknologi

Ilustrasi menyetir All New Honda BR-V di tol (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Selayaknya model tertinggi,  Prestige with Honda Sensing mempunyai fitur Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Assist (LKA), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Auto High Beam (AHB), dan Lead-Car Departure Notification (LCDN).

Di antara banyaknya teknologi yang disematkan, hanya ACC, LKA, dan CMBS yang sering aktif.

ACC pada dasarnya adalah cruise control yang bisa berakselerasi dan mengerem dengan sendirinya. Hal ini sangat membantu selama perjalanan jauh karena pengemudi tidak perlu menekan pedal rem dan gas lagi.

Next

Ilustrasi Adaptive Cruise Control melalui peranti canggih Honda Sensing (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kendati demikian, kami belum percaya penuh terhadap fitur ini. Bukan salah pada sistemnya, namun kontur jalan tol yang kami lewati cukup bergelombang dan berlubang.

Sementara LKA sering aktif pada saat pengemudi mulai menyentuh garis marka jalan. Maka dari itu, setir dengan sendirinya mengintervensi dengan mengembalikan mobil ke jalur yang benar. Proses peranti ini tergolong halus, tidak memaksa pengemudi untuk membanting setir.

Ada juga CMBS yang sering menyala, terutama saat mobil di depan tiba-tiba berhenti atau mengurangi kecepatan mendadak. Teknologi berfungsi dengan baik di jalan tol karena jarak dengan kendaraan di depan terjaga. Sebaliknya CMBS cukup "sensitif" saat melintasi jalan padat, terutama saat sepeda motor memotong jalur tiba-tiba.

Performa

Mesin All New Honda BR-V Kursi Belakang All New Honda BR-V Interior All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Nilai lebih lain pada mobil ini adalah performa. Mesin 1.500cc DOHC bawaannya sanggup memuntahkan tenaga 121 PS dengan torsi maksimal 145 Nm. Daya mesin itu jauh lebih tinggi dibanding kompetitornya yang belum bisa menembus angka 110 PS.

SUV tujuh penumpang ini cukup mudah untuk berakselerasi lebih dari 100 km/jam. Dengan demikian Honda BR-V bisa dengan mudah menanjak, terutama pada saat melewati tol Semarang-Solo yang penuh dengan tanjakan.

Sayangnya, BR-V terbaru belum dilengkapi mode manual atau pedal shift. Padahal mesin tersebut mempunyai karakteristik yang sporti dibanding kompetitor.

Kesimpulan

All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Setelah menjajal All New Honda BR-V selama dua hari berturut-turut, kami menyimpulkan bahwa All New Honda BR-V merupakan mobil yang jauh lebih refine dan nyaman dibanding model sebelumnya.

Tampang barunya yang menawan dipadu dengan banyaknya fitur canggih pada model tertinggi, membuat mobil ini menjadi pilihan menarik bagi para peminat LSUV 7 penumpang.

Next

Kendati demikian, menurut kami Honda BR-V juga perlu improvement. Contoh saja setir belum teleskopik atau laci depan yang belum soft opening. Sudah sewajarnya jika kedua hal tersebut sudah tersedia pada mobil dengan harga di atas Rp 300 juta.

Meski demikian, All New Honda BR-V  tetaplah sebuah pilihan LSUV yang menarik. Hanya saja perlu sedikit finishing touchesuntuk menyempurnakan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Loading