Sukses

Cuma Beda Rp 10 Juta, Pilih Hyundai Creta Trend atau MG ZS Magnify?

Otosia.com PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) tahun lalu merilis SUV terbaru sekaligus termurahnya, Hyundai Creta. Mobil ini dipasarkan sebagai crossover perkotaan dengan desain menawan dan fitur komplet.

Dua bulan sebelum Creta diluncurkan, PT MG Motor Indonesia menghadirkan MG ZS facelift. Mobil ini juga diposisikan sebagai SUV metropolitan dengan value for money yang tinggi.

Baik dimensi dan harga Hyundai Creta tipe Trend dan MG ZS termahal Magnify tidak jauh berbeda. Kedua menawarkan kelebihan  masing-masing.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior

Hyundai Creta Trend (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk membandingkannya dimulai dari luar. Secara eksterior, kedua mobil ini sama-sama enak dipandang. Hyundai Creta mampunyai wajah khas, di mana grill dan positioning lamp LED dengan bentuk parametric jewel memberikan image modern.

Sementara MG ZS mengusung bentuk crossover pada umumnya, di mana bodi hatchback diberikan ground clearance yang tinggi. Bukan berarti MG ZS secara visual kurang menggoda, namun desain Creta lebih mencolok.

Next

Dari segi fitur, Hyundai Creta Trend mengusung lampu depan belakang halogen, pelek two tone 17 inci bermotif kipas, antenna sirip hiu, dan spoiler belakang dengan High Mounted Stop Lamp LED.

Sebaliknya MG ZS Magnify lebih kaya fitur. SUV asal Tiongkok ini disematkan panoramic sunroof, lampu depan dan belakang LED, pelek two tone 17 inci dengan motif tomahawk, DRL LED, dan roof rail di atap.

Interior

Interior MG ZS Magnify (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kabin kedua mobil ini mengusung desain yang premium. Desain dasbor Creta yang melingkari kabin dengan konsol tengah menjadi main highlight. Sedangkan ZS mempunyai kabin dengan desain seperti mobil Eropa.

Interior MG ZS Magnify terasa lebih premium, seperti penyematan fitur panel-panel soft touch di dalam, head unit besar dengan konektivitas ke smartphone, speedometer digital, panel AC seperti tombol piano, serta cruise control.

Next

Beberapa fitur di MG ZS tidak ditemukan di Hyundai Creta Trend. Crossover Korea Selatan ini minim panel-panel empuk di dasbor dan door panel, speedometer belum full digital dan absennya cruise control.

Namun fitur seperti armrest, colokan USB, dan ventilasi AC di baris kedua, serta wireless charging hanya tersedia di Creta.

Fitur keselamatan dan performa

Interior Hyundai Creta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Fitur keselamatan MG ZS sedikit lebih unggul, di mana terpasang 6 airbags dan kamera 360 dengan model 3D. Sedangkan Creta hanya dilengkapi sepasang airbags di depan dan terbatas pada kamera mundur.

Selebihnya, peranti keselamatan seperti ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Electronic Stability Control (ESC), dan Vehicle Stability Management (VSM), tersedia pada kedua mobil ini.

Next

Hyundai Creta dan MG ZS sama-sama mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated dengan output yang mirip. Jantung pacu Creta menghasilkan tenaga 115 PS dengan torsi 143,8 Nm, sedangkan mesin ZS memuntahkan daya 114 PS dan torsi 150 Nm.

Kedua SUV perkotaan ini menggunakan transmisi CVT yang seluruh tenaga mesin tersalurkan ke roda depan (FWD).

Next

Ilustrasi kamera 360 3D di MG ZS Magnify (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk harga, MG ZS Magnify dibanderol Rp 309,8 juta. Sedangkan Hyundai Creta Trend bertransmisi IVT dijual Rp 319 juta.

Selisihnya cuma Rp 10 juta. Dari kelengkapan di atas, MG ZS Magnify memang lebih unggul. Hanya saja faktor lain di luar fitur perlu diperhitungkan, seperti jaringan servis maupun ketersediaan dan kemudahan suku cadang.

Berdasarkan situs resmi MG Motor Indonesia, saat ini MG sudah memiliki 13 diler resmi di tanah air. Sebaliknya, terdapat 43 gerai Hyundai di seluruh Indonesia.

Loading