Sukses

Mengenal Toyota Sera, Mobil Sport Era 1990-an Berpintu "Kupu-kupu"

Otosia.com Selain MPV Toyota juga menawarkan mobil sport. Di Indonesia sendiri merek ini menyodorkan Toyota 86, Toyota GR Supra, dan edisi terbatas Toyota GR Yaris. Semua model tersebut memiliki performa buas.

Di luar mobil di atas, Toyota juga sempat memasarkan model sport lain dengan konsep desain menarik, yakni Toyota Sera.

Mobil sport bertampang unik ini dijual pada awal tahun 1990 dan berhenti dipasarkan pada tahun 1995. Menjelang usia kelima tahun, Toyota berhasil memproduksi 15.941 unit Sera dan seluruhnya hanya dijual di Jepang.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Desain unik

Toyota Sera (favcars.com)

Berbeda dengan mobil sport pada umumnya, performa Toyota Sera terbilang biasa saja. Mesin 1.497cc 5E-FHE bawaannya hanya menyemburkan 108 hp dan torsi 136 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 4 percepatan.

Dengan performa tidak jauh berbeda dengan mobil LMPV baru di Indonesia, daya tarik Toyota Sera bukan di performa mesinnya, melainkan desainnya yang unik dan futuristis.

Paling mencolok adalah atap mobil yang dibuat dari kaca, termasuk pintu bagasi hatchbacknya, dan pintunya yang dibuka ke atas dan melebar, layaknya bentangan sayap kupu-kupu. Bahkan desain pintu ini menjadi inspirasi untuk pintu supercar legendaris McLaren F1.

Next

McLaren F1 mempunyai pintu berdesain sama dengan kepunyaan Toyota Sera (netcarshow.com)

Melansir carmagazine.co.uk, Gordon Murray, desainer McLaren F1 sempat tertarik dengan Toyota Sera yang terparkir dekat rumahnya pada kala itu. Lantas ia meminjam mobil tersebut, untuk mendesain pintu dari McLaren F1.

"Saya melihat mobil itu setiap hari. Pada akhirnya kami meminjam Toyota Sera ini dan mulai mendesain (pintu McLaren F1)," tukas Gordon.

Ada di Indonesia

Toyota Sera di Indonesia, bertampil gaya rally (Instagram/@bugygiepro)

Yang menarik, mobil ini ternyata juga ada di Indonesia. Akun Instagram @bugygiepro sempat memajanng foto Toyota Sera berkelir perak dengan modifikasi ringan bernuansa rally, yaitu pelek bermerek OZ Racing, lampu kabut eksternal, dan mudflap merah.

Akun tersebut tidak menjelaskan modifikasi lain dari Toyota Sera bergaya offroad ini. Namun kondisi Toyota Sera tersebut nampaknya terawat dengan baik. Lantaran unitnya terbatas, harga Toyota Sera bekas cukup tinggi.

Sebagai patokan, beberapa situs jual beli mobil bekas di Jepang menawarkan Toyota Sera dengan rentang harga 1.200.000 Yen atau Rp 150 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 125,24) hingga 3.000.000 Yen atau Rp 375,7 juta, tergantung pada kondisi dan model.

Loading