Sukses

Penjualan Compact SUV Januari 2022, Siapa Terlaris?

Otosia.com Kelas mobil SUV bisa dibagi menjadi beberapa segmen di Indonesia, mulai dari Small SUV dengan bodi kecil hingga SUV Ladder Frame bersasis tangguh 7 penumpang.

Khusus kategori compact SUV, segmen ini diisi oleh mobil tipe crossover dengan daya tampung 5 penumpang dan ground clearance yang mumpuni. Pada dasarnya, mobil compact SUV berada di antara Small SUV dan Medium SUV.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Tercatat ada enam  merek yang bersaing, yakni Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Nissan, dan Morris Garage (MG).

Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada bulan Januari 2022 jumlah penjualan compact SUV mencapai 2.662 unit.

Posisi penjualan

Dari angka tersebut, penjualan paling banyak jatuh pada Honda HR-V. Crossover andalan Honda ini mencatat angka 1.440 unit, yang seluruhnya datang dari HR-V tipe E+.

Honda HR-V ditempel dekat oleh pesaing baru Hyundai Creta dengan total penjualan 932 unit bulan lalu. Model paling laris adalah Creta Style 1.5 IVT yang terjual sebanyak 387 unit.

Next

Lalu di posisi ketiga ada MG ZS. Sebagai satu-satunya compact SUV dari Tiongkok, MG sanggup melepas sebanyak 151 unit ZS. Seluruh penjualan tersebut mencakup tipe termahal ZS Magnify CVT.

Posisi keempat dan kelima masing-masing diisi oleh Mazda CX-3 dengan total penjualan 50 unit dan mobil hybrid range extender Nissan KICKS e-Power yang laku 47 unit. Untuk Mazda CX-3, varian paling diminati adalah CX-3 Sport dengan angka 48 unit.

Next

Berikutnya di posisi keenam ada KIA Seltos. Di bulan Januari 2022, mobil ini tercatat angka 24 unit, di mana seluruh penjualannya datang dari Seltos bermesin bensin.

Terakhir adalah Hyundai Kona Electric. Lantaran ditawarkan sebagai crossover full electric, harga mobil ini tergolong premium. Lantas cukup wajar bahwa penjualannya paling rendah di antara compact SUV lainnya, yakni 18 unit.

Daftar

Berikut daftar penjualan compact SUV di bulan Januari 2022, berdasarkan data whole sales Gaikindo:

Compact SUV

Whole sales

Honda HR-V

1.440 unit

Hyundai Creta

932 unit

MG ZS

151 unit

Mazda CX-3

50 unit

Nissan KICKS e-Power

47 unit

KIA Seltos

24 unit

Hyundai Kona Electric

18 unit

Total

2.662 unit

Loading