Sukses

Sudah Disuntik Mati, Honda Odyssey Facelift Malah Meluncur di Malaysia

Otosia.com Akhir tahun lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi menyatakan bahwa Honda Odyssey tidak lagi mendapat tambahan stok unit. Hal tersebut merupakan buntut dari penghentian produksi Odyssey di pabrik Honda Motor Co., Ltd di Sayama, Jepang.

"Pabrik di Sayama sudah tidak memproduksi Honda Odyssey lagi. Jadi kami tidak melakukan whole sales lagi ke distributor kami. Kami akan retailkan unitnya sampai habis," ungkap Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director HPM kepada Otosia.com, pada kesempatan lalu. 

 

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/dit)

Meluncur di Malaysia?

Sisi belakang Honda Odyssey facelift (Honda)

Meski di Jepang stop produksi, lain halnya di negeri tetangga. Baru-baru ini mobil yang sama justru baru diluncurkan di Malaysia. Melansir paultan.org, Honda Malaysia resmi merilis Honda Odyssey facelift, setelah beberapa kali kepergok sedang tes jalan.

Mobil yang diluncurkan tidak mempunyai perbedaan signifikan dengan model yang sudah di-discontinue di Indonesia, seperti fascia baru berdesain modern, pelek 17 inci motif jari-jari, lampu depan belakang LED, dan pintu samping power sliding doors.

Kesamaan spesifikasi berlanjut ke dalam interior, di mana Honda Odyssey terbaru di negeri jiran menggunakan head unit 8 inci, tri-zone climate control, kursi baris kedua captain seat dengan ottoman, dan jok baris ketiga yang bisa dilipat rapat lantai.

Next

Interior Honda Odyssey facelift (Honda)

Honda Odyssey terbaru di Malaysia juga disematkan peranti keselamatan dan mesin yang sama. Mobil keluarga premium ini sudah mempunyai 6 airbagsHill Start AssistVehicle Stability Control, ABS, EBD, dan teknologi canggih Honda Sensing.

Lalu mesin yang digunakan adalah jantung pacu 2.400cc naturally aspirated DOHC i-VTEC dengan semburan tenaga 175 PS dan torsi 225 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT, sama persis seperti versi Indonesia.

Untuk harga, Honda Odyssey di negeri jiran dibanderol RM 275.311 atau Rp 941,5 juta (dengan kurs RM 1 = Rp 3.419,79). Sebagai patokan, mobil yang sama di tanah air dijual Rp 899 juta.

Stok lama

Ilustrasi Honda Sensing di Honda Odyssey (honda-indonesia.com)

Jika di Malaysia baru mendapatkan versi facelift, bagaimana dengan Indonesia? Yusak Billy menyebut bahwa Odyssey facelift di Malaysia merupakan stok lama yang baru dijual ke konsumen Negeri Jiran.

"Honda Sayama sudah tidak memproduksi Odyssey untuk negara-negara di Asia Tenggara. Mungkin itu stok lama yang dijual," papar Yusak.

Pada tahun lalu, stok Odyssey yang tersisa di Indonesia tercatat sebanyak 62 unit. Namun sisa unit tersebut telah ludes terjual. "(Stok Honda Odyssey) sudah habis," tutup Yusak.

Loading