Sukses

TanyaOTOSIA: Transmisi Toyota GR Yaris Sudah i-MT, Kenapa Masih Ada Pedal Kopling?

Otosia.com Sebuah pertanyaan diutarakan oleh pemilik akun Instagram @nvx832 dalam rubrik #TanyaOTOSIA. Ia menanyakan kenapa transmisi Toyota GR Yaris masih membutuhkan pedal kopling, meski sudah berteknologi i-MT?

Jawabannya, teknologi i-MT Toyota GR Yaris tidak berfungsi layaknya transmisi pada umumnya. Ia punya peruntukkan berbeda. Makanya, mobil ini masih memerlukan pedal kopling layaknya mobil manual pada umumnya.

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Penjelasannya:

Interior Toyota GR Yaris Indonesia (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Salah satu mobil sports yang sedang panas dibahas adalah Toyota GR Yaris. Hatchback berjiwa reli ini hadir dengan performa buas melalui mesin 1.600cc tiga silinder turbo dan sistem penggerak empat roda (4WD).

Yang menarik Toyota menyematkan teknologi intelligent-Manual Transmission (i-MT) pada girboks bawaannya, yakni transmisi manual 6 percepatan.

 

Next

Kendati berteknologi i-MT, transmisi Toyota GR Yaris masih membutuhkan pengoperasian pedal kopling.

Hal ini berbeda dengan girboks i-MT pada umumnya yang hanya memerlukan pergantian letak tuas transmisi. Bahkan beberapa mobil, seperti Wuling Confero ACT di Indonesia atau Hyundai Venue i-MT di India, sudah tidak dipasangkan pedal kopling sama sekali.

Next

Auto rev matching

Bagian transmisi dari buku manual Toyota GR Yaris (Istimewa)

Pengoperasian transmisi Toyota GR Yaris terkuak pada panduan buku manual yang tersebar di forum pegiat mobil Gazoo Racing, gr-zoo.com.

Pada dasarnya fitur i-MT pada GR Yaris berfungsi sebagai auto rev matching, di mana Engine Control Unit (ECU) mobil mengontrol rpm mobil saat menaikkan atau pun menurunkan gigi. Dengan adanya teknologi ini, pergantian gigi bisa menjadi lebih halus.

Next

Melansir cnet.com, auto rev matching sudah cukup umum digunakan pada mobil sports bertransmisi manual. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada Nissan 370Z yang meluncur pada tahun 2009 silam.

Fitur ini sangat terasa pada saat menurunkan gigi. Pasalnya pengoperan ke gigi rendah, terutama ketika rpm mesin masih tinggi, kerap menghasilkan hentakan dari mesin karena rasio gigi dan putaran rpm mesin tidak sesuai.

Toyota GR Yaris di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dengan adanya auto rev matching, ECU secara otomatis menyetel mesin di rpm yang optimal untuk menimalisir adanya hentakan tersebut.

 

 

 

Next

Untuk pergantian gigi ke atas, tidak ada perbedaan dari segi teknologi. Namun fitur ini jarang terasa atau dipakai, lantaran hentakan pada saat menaikkan gigi lebih jarang terjadi.

Lantas teknologi i-MT pada Toyota GR Yaris bukanlah mengacu pada transmisi i-MT itu sendiri, melainkan sebagai sebutan untuk fitur auto rev matching yang membantu pengemudi saat berganti gigi.

Sementara girboks mobil ini adalah transmisi manual 6 percepatan konvensional yang masih membutuhkan pijakan pedal kopling untuk beroperasi.

Next

Loading