Sukses

Medium SUV Terlaris Bulan Februari 2022, Hyundai Creta Paling Laku

Otosia.com Segmen Compact SUV terdiri dari mobil-mobil crossover perkotaan, daya tampung lima penumpang dan secara umum mempunyai bodi yang tidak terlalu besar. Daya tarik kelas ini datang dari desain yang manarik dan ground clearance mumpuni.

Tercatat tujuh merek yang ikut serta bersaing di kelas medium SUV, yakni Honda, Hyundai, Morris Garage (MG), KIA, Nissan, Mazda, dan Suzuki.

Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan Februari 2022, total penjualan mobil Medium SUV mencapai angka 2.182 unit.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Posisi penjualan

KIA Seltos (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dari angka tersebut, mobil terlaris adalah Hyundai Creta dengan catatan penjualan 2.000 unit. Tipe paling diincar adalah varian termahal Creta Prime IVT Two Tone yang laris sebanyak 798 unit.

Jarak antar posisi pertama dan kedua cukup jauh. MG ZS menjadi Compact SUV terlaris kedua di mana mobil ini laku sebanyak 69 unit bulan lalu. Model favorit adalah tipe termahal ZS Magnify yang terjual 50 unit.

Lalu di posisi ketiga ada KIA Seltos dengan angka penjualan 57 unit. Seluruh angka tersebut adalah Seltos dengan mesin bensin turbo.

Next

Sementara pada posisi keempat dan kelima, masing-masing diisi oleh Nissan Kicks e-Power yang tercatat sebanyak 47 unit dan Mazda CX-3 di angka 6 unit. Nissan Kicks tidak tersedia dengan pilihan model lain, sedangkan seluruh penjualan CX-3 adalah tipe Sport.

Di posisi keenam ada mobil ramah lingkungan lainnya, yakni Hyundai Kona Electric dengan total penjualan 2 unit. Sama seperti Nissan Kicks, Kona Electric hanya tersedia dalam satu varian.

Terakhir ada Suzuki SX4 S-Cross yang mencatat angka penjualan sebanyak 1 unit di bulan Februari 2022.

Honda HR-V?

Honda HR-V (netcarshow.com)

Sebenarnya Honda HR-V juga seharusnya masuk dalam daftar penjualan Compact SUV. Namun di data whole sales Gaikindo, Honda HR-V sudah tidak lagi mencatat adanya penjualan.

Hal ini dijelaskan oleh Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) di mana Honda Indonesia sudah tidak lagi memproduksi dan menjual model lama.

Dengan kata lain, generasi terbaru Honda HR-V akan segera diluncurkan.

"Kita sudah tidak lagi memproduksi dan meng-wholesales-kan HR-V model lama. Kalau ditanya kapan (model) barunya, tunggu saja," ungkap Yusak di sela-sela acara peresmian ekspor Honda BR-V, Rabu (16/3/2022).

Daftar

Berikut daftar penjualan Compact SUV bulan Februari 2022:

Compact SUV

Whole sales

Hyundai Creta

2.000 unit

MG ZS

69 unit

KIA Seltos

57 unit

Nissan Kicks e-Power

47 unit

Mazda CX-3

6 unit

Hyundai Kona Electric

2 unit

Suzuki SX4 S-Cross

1 unit

Honda HR-V

-

Total

2.182 unit

Loading