Sukses

Cara Membuat Mobil dari Kardus Bekas untuk Latih Imajinasi dan Kreativitas Anak

Otosia.com Di era pandemi seperti saat ini, semua orang diharuskan untuk tidak keluar rumah bila tak diperlukan. Dengan hal inilah kita dituntut agar dapat melatih kreativitas terutama pada anak-anak.

Kreativitas dapat dilakukan dengan segala cara dan alat, tak terkecuali barang bekas yang menumpuk di rumah. Salah satu barang bekas yang dapat digunakan kembali ialah kardus, dengan barang tersebut kita dapat membuat mainan mobil-mobilan untuk anak.

Selain mencegah barang yang menumpuk, dengan memanfaatkan barang bekas yang dijadikan mainan dapat meminimalisir pengeluaran juga. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat mobil-mobilan dari limbah kardus.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Alat dan Bahan

Sebelum lanjut ke tahap pembuatan, ada baiknya jika menyiapkan bahan dan alat terlebih dahulu, agar proses pembuatan berjalan dengan lancar. Bahan dan alat yang dapat digunakan yaitu:

  1. Kardus bekas dengan ukuran cukup besar (kondisi kardus disarankan tebal agar hasil lebih maksimal)

  2. Pensil untuk menggambar pola

  3. Gunting dan cutter untuk memotong kardus sesuai pola

  4. Lem (lem tembak atau lem kayu)

  5. Selotip

  6. Penggaris 

  7. Alat pewarna (krayon, cat, pensil warna, spidol)

Menggambar Pola

Langkah awal yang harus Otolovers lakukan adalah dengan menggambar pola sesuai dengan keinginan. Bagian pertama yang harus digambar adalah pintu mobil sebelah kiri yang kemudian dilanjut sebelah kanan.

Ketika menggambar pola, Otolovers sebaiknya menggunakan pensil, karena jika mengalami salah maka proses menghapusnya akan lebih mudah. 

Langkah selanjutnya adalah menggambar bagian kaca dari mobil yang diteruskan dengan menggambar bagian bodi dan roda, untuk bagian aksesoris yang bentuknya kecil, Otolovers sebaiknya menggambar di kardus lain.

Memotong Pola

Jika Otolovers telah selesai menggambar pola mobil, otolovers jangan lupa untuk memotong agar dapat dirangkai dengan mudah. Pada langkah ini perlu meningkatkan konsentrasi dan ketelitian agar hasil yang diinginkan dapat rapi dan maksimal.

Demi menunjang hasil yang maksimal, pada proses ini sebaiknya menggunakan gunting dan cutter. Di sini gunting memiliki peran untuk memotong bagian yang memiliki ukuran besar, sedangkan untuk part yang berukuran kecil lebih baik menggunakan cutter agar hasil potongan lebih simetris.

Merakit Mobil

Apabila semua part telah terpotong semua dengan rapi, langkah berikutnya adalah dengan merangkai, jangan lupa menggunakan lem dan selotip untuk menempel bagian yang kecil seperti spion, roda, dan lain-lain. Pastikan pada proses ini Otolovers telah mengelem dengan rapi dan rekat agar tidak lepas.

Mewarnai Mobil

Pada bagian ini merupakan rangkaian terakhir yang paling disukai apalagi oleh anak-anak. Dalam proses ini, Otolovers dapat memadukan warna sesuka hati dan sekreatif mungkin. Apabila anak-anak ikut serta dalam pengecatan ini, pastikan didampingi oleh orangtua.

Agar terlihat lebih menarik, jangan lupa untuk menambahkan aksesoris seperti lampu depan dan hiasan-hiasan lainnya supaya terlihat lucu. Untuk membuat bagian interior, Otolovers dapat menggunakan bahan lain seperti karton, kain, dan piring kertas.

Jangan lupa untuk menambahkan logo sesuai keinginan para Otolovers, agar terlihat menarik dan keren. Selain itu fungsi logo ini supaya tampilan mobil tidak terkesan monoton. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Loading