Sukses

Harga Mepet, All New Honda HR-V RS Makan Pasar CR-V?

Otosia.com Baru-baru ini PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New Honda HR-V. Crossover ini mengusung tampilan yang lebih modern dan disertakan teknologi canggih seperti Honda Sensing untuk setiap model.

Setiap model mengalami kenaikan harga. Paling tinggi adalah Honda HR-V RS dengan banderolan Rp 499,9 juta. Harga tersebut lebih mahal Rp 100 juta dibanding tipe di bawahnya HR-V SE di angka Rp 399,9 juta.

Dengan kata lain, harga Honda HR-V RS hanya selisih Rp 11 juta dengan Honda CR-V 2.0 termurah yang dijual Rp 510,9 juta. Lantas apakah crossover lima penumpang ini akan lebih diminati dibanding "kakak"-nya?

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Beda pasar

Honda CR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM menjelaskan bahwa All New Honda HR-V RS dan CR-V murah mempunyai mangsa pasar yang berbeda.

Meski kedua mobil itu mempunyai harga yang cukup dekat, CR-V termurah lebih diutarakan untuk pembelian dalam jumlah banyak atau fleet sales. Bahkan ia mengatakan penjualan CR-V 2.0 tidak berpengaruh signifikan dengan overall sales Honda CR-V.

"Tidak berbenturan. Teknologi RS berebeda. Kalau kita lihat hasil penjualan (CR-V 2.0) tidak sampai lima persen tidak sampai. Biasa lebih ke penjualan koperasi atau fleet. Jadi tidak berenturan sama sekali," papar Yusak di sela-sela acara peluncuran All New Honda HR-V, Rabu (24/3/2022).

Next

Jika mengacu pada data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan Februari 2022, penjualan Honda CR-V 2.0 lebih sedikit dibanding model lainnnya yang bermesin turbo.

Mobil ini hanya mencatat angka 4 unit bulan lalu. Sementara CR-V turbo biasa meraih angka 48 unit dan CR-V turbo Prestige mencapai 717 unit.

Spesifikasi Honda HR-V RS

All New Honda HR-V RS (HPM)

Honda HR-V RS diposisikan sebagai model top of the line, di mana mobil ini mendapatkan kumpulan fitur dan teknologi terlengkap.

Varian RS pada dasarnya adalah HR-V SE dengan tambahan fitur, di antaranya speedometer TFT 7 inci, bodykit sporti, 3 mode berkendara, pintu bagasi otomatis hands free, serta 6 airbags.

Perbedaan paling mencolok ada pada jantung pacunya. Honda HR-V RS disematkan mesin 1.500cc turbo yang meletupkan tenaga 177 PS dan torsi 240 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan.

Loading