Sukses

Cara Blokir Kendaraan Agar Tak Terkena Pajak Progresif

Otosia.com Jika Otolovers baru saja menjual kendaraan, pastikan sesegera mungkin untuk melakukan pemblokiran STNK. Tujuannya agar tak terkena pajak progresif yang biayanya dibebankan ke Otolovers meski kendaraan tersebut telah dijual.

Hal ini terjadi ketika Otolovers telah menjual kendaraan yang lama dan membeli kendaraan baru dengan nama yang sama dan tak melakukan balik nama. Maka dengan jelas Otolovers akan langsung terkena pajak progresif.

Namun, Otolovers tak perlu khawatir dengan kejadian ini karena dapat dihindari dengan cara memblokir STNK. Dikutip dari laman resmi suzuki, berikut tata cara memblokir STNK kendaraan agar tidak terkena pajak progresif.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Langkah-Langkah Memblokir STNK Kendaraan 

Berikut langkah-langkah yang dapat Otolovers lakukan ketika memblokir STNK.

  1. Membuka website pajak online.jakarta.go.id. 

  2. Registrasi  terlebih dahulu menggunakan NIK dari KTP pemilik kendaraan sesuai dengan STNK. 

  3. Registrasi dapat dilakukan hanya sekali saja, nanti data akan langsung terhubung dan kendaraan yang menggunakan NIK tersebut akan muncul.

  4. Memilih menu PKP, kemudian dilanjutkan dengan memilih menu Pelayanan Blokir Kendaraan. 

  5. Kemudian  akan muncul nomor polisi sesuai dengan KTP.  Otolovers tinggal memilih kendaraan yang akan diblokir

  6. Mengunggah semua dokumen sesuai dengan syarat yang ditetapkan. Jadi pastikan dokumen sudah berbentuk softcopy. 

  7. Terakhir tinggal pilih Kirim apabila data sudah lengkap. 

Nah, setelah selesai melakukan cara-cara di atas, apabila Otolovers ingin mengecek STNK apakah sudah diblokir atau belum, kalian dapat melihat beberapa cara di bawah untuk mengkonfirmasi ulang pemblokiran. 

Next

Cara Mengetahui STNK yang Diblokir  

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat diakses langsung melalui website, sms, atau bahkan aplikasi. 

Mengecek Pemblokiran Melalui Website 

Pertama, Otolovers dapat mengakses melalui laptop maupun smartphone untuk melihat pemblokiran di website. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan membuka website resmi dari Samsat di daerah kendaraan Otolovers terdaftar.

Kemudian membuka  web dan login menggunakan NIK Otolovers. Tak perlu waktu lama, pada halaman utama akan langsung terlihat daftar kendaraan yang menggunakan NIK tersebut. 

Lalu periksa apakah kendaraan yang sudah diblokir masih aktif atau tidak. Pada langkah ini, Otolovers juga akan mengetahui mengenai penagihan pajak.

Next

Mengecek Melalui SMS

Cara kedua dapat dilakukan melalui SMS, Otolovers dapat mengirim SMS melalui nomor Samsat resmi Samsat. Lalu kirim SMS dengan format yang telah disediakan oleh Samsat.

Next

Mengecek Melalui Aplikasi Samolnas

Bila Otolovers mengalami kesulitan saat menggunakan SMS, kalian tak perlu khawatir, karena  Otolovers juga bisa mengakses aplikasi Samolnas yang digunakan untuk seluruh wilayah Indonesia. 

Proses pengecekan masih  dengan memasukan NIK dan mengecek nomor polisi kendaraan yang tercantum. Tak perlu menunggu lama, Otolovers dapat langsung melihat nomor kendaraan yang diblokir.

Demikian  cara blokir STNK dan juga langkah untuk melakukan pengecekan yang bisa Otolovers lakukan. Tidak perlu khawatir karena proses ini aman dan mudah untuk dilakukan dengan online.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Loading