Sukses

Selisih Rp 900 Ribu, Pilih All New Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime?

Otosia.com PT Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini meluncurkan All New Honda HR-V. Lantaran "All-New" crossover andalan Honda ini berganti model secara menyeluruh, mulai dari sasis hingga teknologi yang disematkan.

Yang menarik harga All New Honda HR=V tidak terlalu berbeda dari model sebelumnya, terutama mobil dengan mesin 1.500cc naturally aspirated.

Paling menonjol adalah Honda HR-V SE yang dijual Rp 399,9 juta. Harga tersebut cukup dekat dengan banderolan Hyundai Creta Prime Two Tone. Bahkan selisih harga di antara kedua mobil ini hanya Rp 900 ribu.

Lantas, mobil mana yang lebih unggul? 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Eksterior

All New Honda HR-V SE (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

All New Honda HR-V mengusung tampilan baru, selain lebih modern, tampil tegas dibanding model sebelumnya. Paling mencolok adalah bagian belakang di mana sektor buritan SUV ini sudah tidak lagi membulat.

Sebaliknya Hyundai Creta di Indonesia pada dasarnya adalah versi facelift dari mobil yang sama di India. Mobil ini disematkan wajah baru Hyundai dengan adanya grill parametric jewel pattern yang disatukan dengan DRL LED.

Next

Secara kelengkapan, Honda HR-V dan Hyundai Creta sama-sama komplet. Kedua crossover perkotaan ini sudah disematkan lampu depan dan belakang LED, panoramic sunroof di atap dan keyless entry.

Yang berbeda, Honda HR-V SE mempunyai lampu kabut LED terpisah dan pelek berukuran 18 inci, lebih besar dari Creta yang masih 17 inci. Namun panoramic sunroof HR-V tidak bisa dibuka seperti rivalnya dari Korea Selatan.

Interior

Interior All New Honda HR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kabin kedua mobil ini sama-sama tidak kalah menarik. All New Honda HR-V mempunyai desain interior yang lebih tegas, terutama di bagian dasbor yang bertingkat. Kendati demikian beberapa parts diambil dari mobil Honda lainnya, seperti panel AC, speedometer dan tombol-tombol di setir.

Sedangkan nterior Hyundai Creta cukup mixed bag. Beberapa area terkesan mewah, seperti adanya tarikan yang melingkari dasbor hingga ke panel pintu. Sebaliknya rasa mahal mobil ini cukup turun dengan letak head unit yang belum floating dan minimnya panel-panel empuk di dasbor.

Next

Di luar dua hal tersebut, crossover ini terbilang komplet dari segi fitur. Tipe termahal Creta Prime sudah dipasangkan speedometer full TFT berukuran 10.25 inci, ambient lightingwireless chargingair purifier dan ventilated seat untuk jok depan.

Fitur-fitur kenyamanan di Creta tidak ditemukan pada HR-V SE. Mobil ini dibekali kelengkapan yang mendasar, seperti speedometer dengan MID biasa, ventilasi AC baris kedua, dan head unit dengan konektivitas ke handphone.

Keselamatan dan performa

Hyundai Creta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Paket keselamatan All New Honda HR-V SE dan Hyundai Creta saling sikut. Kedua SUV ini telah disematkan teknologi active safety, yakni Honda Sensing untuk HR-V dan Hyundai Smartsense untuk Creta.

HR-V sedikit lebih unggul, lantaran Honda Sensing sudah tersedia dengan Adaptive Cruise Control (ACC) dan Honda LaneWatch. Namun jumlah airbags mobil ini masih empat, kurang dibandingkan Creta yang mempunyai 6 airbags.

Performa Honda HR-V SE juga lebih unggul dibandingkan Creta Prime. Crossover andalan Honda ini memboyong mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm.

Next

Interior Hyundai Creta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Yang menarik, Hyundai Creta mempunyai kapasitas mesin yang sama, tetapi dengan output yang lebih rendah. Mesin mobil ini tercatat menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi 143.8 Nm. Kedua mobil menggunakan transmisi CVT.

Untuk harga, All New Honda HR-V SE dijual pada angka Rp 399,9 juta, tidak termasuk warna two tone. Sedangkan Hyundai Creta Prime Two Tone dibanderol Rp 399 juta.

Dengan kedua mobil bersaing di kelas SUV kompak dan memiliki selisih harga tidak terlalu signifikan, mobil mana yang lebih unggul?

Loading