Sukses

Mulai 1 April 2022, Ngebut di Atas 120 km/jam di Jalan Tol Bakal Kena Tilang

Otosia.com Polisi akan memperketat pemantauan para pengendara di jalan tol, terutama yang sering overspeeding. Pasalnya Korlantas Polri mulai menerapkan tilang elektronik atau Electornic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada awal bulan April 2022 kelak.

Melansir situs korlantas.polri.go.id, Senin (28/3/2022), kepolisian akan memasang speed camera yang bisa menangkap gambar kendaraan, termasuk plat nomornya, dan sensor Weigh In Motion (WIM).

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Saat ini sudah ada tujuh titik WIM dan speed camera di jalanan tol Jawa Timur hingga Jakarta. Lantas bagi para pengemudi yang sering melebihi batas kecepatan di jalan tol, harap bersiap-siap membayar denda.

"Sampai saat ini sudah ada 7 titik WIM yang kita integrasikan dan lima kamera speed dari Jawa Timur sampai Jakarta. Jadi bila mobil sudah berjalan di atas 120 kilometer per jam, pasti akan ter-capture dan setelah diverifikasi akan ada surat cinta untuk pelanggar membayar denda," ungkap Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, seperti tertulis pada situs korlantas.polri.go.id, Sabtu (26/3/2022).

Batas kecepatan

Ilustrasi tol luar kota (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pada postingan yang berbeda, situs Korlantas Polri juga menjelaskan berapa kecepatan maksimal yang diperbolehkan di jalan tol atau juga dikenal sebagai jalan tol.

Pasalnya peraturan terkait batas kecepatan berkendara di jalan tol tercatat pada situs Badan Pengatur Jalan Tol.

Next

Lebih tepatnya pada Peraturan Pemerintah nomor 79 tahun 2013 tentang jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4 dan diperkuat melalui Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4.

Dalam aturan tersebut, tertulis bahwa batas kecepatan di jalan bebas hambatan atau tol paling rendah 60 km/Jam sampai tertinggi 100 km/Jam untuk tol luar kota.

Sementara tol dalam kota mempunyai batas kecepatan yang sedikit berbeda, yakni minimal 60 km/jam, sedangkan kecepatan maksimal adalah 80 km/jam.

Loading