Sukses

Indonesia Belum, Hyundai Luncurkan Grand Creta 7 Penumpang

Otosia.com SUV perkotaan Hyundai Creta belum lama diperkenalkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada GIIAS tahun lalu.

Di luar Indonesia, nama Creta digunakan sebagai produk baru Hyundai yang lain. Melansir paultan.org, Selasa (29/3/2022), Hyundai belum lama merilis Grand Creta.

Hanya saja mobil yang luncur tersebut pada dasarnya adalah Hyundai Alcazar di India. Pemakaian nama Creta agar model tersebut lebih familiar dijual ke negara lain, seperti Amerika Latin dan Afrika Selatan.

Selain nama, apa bedanya Grand Creta dengan Creta yang dijual di Indonesia?

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior

Hyundai Grand Creta (paultan.org)

Untuk membedakannya, bisa dimulai dari eksterior. Lantaran berbasis Hyundai Alcazar, Grand Creta masih mengusung desain lawas pra-facelift. Fascia depan SUV ini belum dipasangkan grill parametric jewel pattern yang disatukan dengan DRL LED.

Sementara desain basis dari Hyundai Creta biasa terlihat di sisi samping. Paling mencolok adalah area fender dan roofline yang terlihat mirip dari crossover itu, namun dengan tambahan "punuk" di bagian belakang.

Sementara sektor buritan mobil tersebut berbeda dengan Creta. Selain mendapatkan "punuk", bumper belakang mobil diberi aksesori skid plate besar berwarna perak, dan lampu LED yang menyatu.

Interior

Interior Hyundai Grand Creta (motor1.com)

Kesamaan Creta dengan Grand Creta paling mencolok nampak di bagian kabin. Kedua mobil menggunakan interior yang sama, mulai dari desain dasbor hingga panel-panel pintu.

Kumpulan fitur antar Creta 5 seater dan Grand Creta 7 seater juga cukup mirip. Kedua SUV ini disematkan head unit besar dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, speedometer full digital, AC digital otomatis, dan mode berkendara.

Next

Kursi belakang Hyundai Grand Creta (motor1.com)

Yang berbeda berada di bagian bagasi. Grand Creta mempunyai tambahan ekstra sepasang kursi. Karena itu Grand Creta dapat menampung tujuh penumpang.

Selain itu Grand Creta mempunyai beberapa fitur khusus, seperti kerai manual untuk baris kedua, panoramic sunroof yang lebih panjang, dan sepasang meja lipat untuk baris kedua.

Keselamatan dan performa

Hyundai Grand Creta (paultan.org)

Belum diketahui apakah Grand Creta diapasangkan peranti keselamatan canggih Hyundai Smartsense seperti Creta di Indonesia atau belum. Namun, secara standar, mobil ini sudah dilengkapi alat keselamatan ABS, EBD, Vehicle Stability Control dan 6 airbags.

Pilihan mesin Hyundai Grand Creta juga berbeda dengan Creta di Indonesia.

Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan Grand Creta, yakni jantung pacu 2.000cc dengan semburan tenaga 159 PS dan torsi 191 Nm dan mesin 1.500cc CRDi turbo diesel yang menghasilkan output 115 PS dengan torsi puncak 250 Nm.

Next

Meja lipat dan kerai manual di baris kedua Hyundai Grand Creta (motor1.com)

Tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual atau otomatis yang sama-sama mempunyai 6 percepatan.

Untuk harga, Hyundai Grand Creta di Afrika Selatan dijual mulai dari 449.900 Rand atau Rp 439,9 juta (dengan kurs 1 Rand = Rp 997,99).

Loading