Sukses

M8 Nusantara Rekam "Bhinneka Tunggal Ika" Lewat Touring 16.000 Km

Otosia.com Tiga bikers dari komunitas M8 Nusantara menuntaskan lima etape dalam penjelajahan keliling Indonesia. Ketiganya adalah Vincent Soetedja, Efi Juwita, dan Harun Hefli.

Touring bertajuk Identitas Indonesia ini telah mencapai titik final pada tanggal 12 Maret 2022 lalu, yang dimulai dari Bekasi pada tanggal 14 Agustus 2021.

Perjalanan keliling Indonesia M8 Nusantara terbagi menjadi 5 Etape. Etape 1 melintasi Jawa Bali NTB dan NTT, Etape 2 adalah pulau Sulawesi, Etape 3 Papua Maluku dan Maluku Utara, Etape 4 pulau Kalimantan, dan Etape 5 pulau Sumatera.

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

Ketiga bikers ini tidak sekadar menikmati touring, namun perjalanan tersebut membawa misi mengabadikan budaya, sejarah, adat-istiadat, bahasa daerah dan keberagaman suku di Indonesia.

M8 Nusantara membagikan cerita nusantara ke anak-anak sekolah (Istimewa)

Perjalanan ini menempuh jarak lebih dari 16.000 km darat dengan menggunakan sepeda motor dan dapat diselesaikan tanpa hambatan yang berarti.

Next

Lima pulau besar dan kepulauan besar telah disambangi serta banyak sekali diskusi tentang wawasan kebangsaan dan budaya dengan masyarakat di berbagai tempat.

"Selama perjalanan, kami tidak menemui kendala yang berarti baik dari sisi keamanan, cuaca, logistik maupun kendala teknis untuk sepeda motor. Persiapan yang detil dan fleksibilitas dalam menyikapi dinamika lapangan adalah kuncinya," ungkap Vincent.

Tidak ada pergantian kendaraan selama menjelajah nusantara. Motor yang dibesut tetap sama. Vincent Soetedja dengan Triumph Tiger 900 rally, Efi Juwita dengan Ducati Scrambler 800, dan Harun Hefli dengan Yamaha MT25.

Efi Juwita, biker wanita yang ikut touring sejauh 16.000 km (Istimewa)

Next

Keberagaman dan keunikan Indonesia

Menurut Efi Juwita, perjalanannya dapat membuka mata bahwa Indonesia sebagai suatu negara dan bangsa, terlalu besar untuk direpresentasikan hanya melalui pelajaran di sekolah, atau sekedar melalui media sosial.

Indonesia, katanya, begitu luas dan indah. Ada belasan ribu pulau, jumlah suku dan bahasa daerah yang sangat banyak, dan adat budaya yang sangat kaya.

"Seperti di Gorontalo, kami belajar filosofi yang mengedepankan kemandirian dalam membangun daerah dari Sultan Bubohu Bongo (alm), yaitu Yosep Tahir Ma’ruf. Dikatakan beliau, sebelum kamu membangun untuk bangsamu, bangunlah lingkungan di sekitarmu terlebih dahulu, menjadi kata yang sangat bermakna bagi kita semua," ujar Efi Juwita. 

Next

Dalam perjalanan ini M8 Nusantara juga berupaya membagikan cerita tentang negeri ini kepada anak anak SD, SMP, dan SMA di berbagai sekolah.

Vincent Soetedja dengan Triumph Tiger 900 Rally dengan latar belakang rumah adat Toraja (Istimewa)

Rekam jejak perjalanan M8 Nusantara keliling Indonesia dengan 3 sepeda motor dapat dilihat di kanal Youtube dan Instagram M8 Nusantara.

Pada kesempatan ini M8 Nusantara mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di berbagai provinsi, balai arkeologi, pengelola museum, ratusan tokoh masyarakat, para biker 1000 Tikungan di Flores dan Timor, biker di Sulawesi, masyarakat di Kalimantan Timur, dan Akhmad Lamo yang menulis lagu "Kita Indonesia, Kita Luar Biasa", dan masih banyak lagi.

 

Next

Loading