Sukses

Deretan Mobil Bekas Murah Berstatus Langka

Otosia.com Menyebut mobil langka atau klasik, pasti terbayang harganya yang mahal. Namun tidak semua mobil rare dijual oleh pemiliknya dengan harga tinggi. Harga wajar biasanya bukan datang dari mobil sport ikonik, tapi mobil biasa.

Meski bukan kategori mobil sport yang rare, mobil tersebut cukup mudah ditemukan dengan harga rendah, terutama di pasar mobil bekas.

Mobil-mobil langka tersebut bisa ditemui di pasar mobil bekas, baik offline maupun online. Harganya sekitar Rp 100 jutaan atau kurang. Ada banyak pilihan pada di pasar mobil bekas.

Berikut 5 pilihan mobil langkadi pasar mobil bekas:

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

1. Chevrolet Estate

Daewoo Lacetti estate, basis dari Chevrolet Estate (favcars.com)

Pertama adalah Chevrolet Estate. Mobil berbodi station wagon pada umumnya termasuk jarang di Indonesia.

Mobil ini pada dasarnya adalah Daewoo Lacetti dari Korea Selatan yang diubah menjadi Chevrolet dengan nama baru. Di Indonesia ada dua varian, Chevrolet Optra dengan bodi sedan dan Chevrolet Estate dengan bodi wagon.

Chevrolet Estate kerap dijual dengan harga Rp 60-70 jutaan di pasar mobil bekas.

2. Daihatsu Ceria

Daihatsu Ceria (Wikimedia Commons/Wilzz99)

Berikutnya adalah Daihatsu Ceria. Sebelum Low Cost Green Car (LCGC) dijual sebagai pilihan mobil murah dan hemat bahan bakar, Daihatsu lebih dulu mendobrak pasar itu dengan mobil mungil Ceria.

Ceria pada dasarnya adalah Kei Car Daihatsu di Jepang yang bernama Mira. Namun mobil imut ini pada kenyataannya tidak laku di Indonesia. Astra Daihatsu Motor akhirnya menyetop penjualan Ceria pada tahun 2006 silam.

Harga mobil ini berada di angka Rp 30-40 jutaan.

3. Timor

Timor S515 di modif bergaya pikap dengan sistem audio di baknya (Otosia.com/Arendra Pranayditya)

Ketiga adalah mobil nasional pertama Indonesia, yakni Timor S515 dan S515i. Berbasis dari KIA Sephia, mobil ini dijual dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor pada masanya. Selain itu mobil ini tidak lepas dari nama Presiden Soeharto.

Di luar itu, Timor S515 kini menjadi pilihan mobil murah dengan jumlah unit yang terus berkurang dari tahun ke tahun. Di berbagai situs jual beli mobil bekas, rata-rata harga Timor berada di kisaran harga Rp 20-30 jutaan.

4. Mazda VX-1

Mazda VX1 (Istimewa)

Lalu keempat adalah Mazda VX-1. Mazda dikenal sebagai salah satu brand yang punya segmen menengah ke atas. Namun, beberapa tahun lalu, Mazda mencoba "merakyat" dengan menghadirkan MPV VX-1.

Mobil ini pada dasarnya adalah Suzuki Ertiga yang dipoles lebih cantik di bagian luar dan dalam. Perubahan yang dilakukan cukup ringan, seperti add on bodykit di luar dan beberapa ubahan garnish di kabin.

Yang menarik, harga mobil ini masih cukup tinggi. Lebih tepatnya sekitar Rp 100-120 jutaan, tergantung kondisi mobil.

5. Mazda Vantrend

Mazda Vantrend (Wikimedia Commons/Sabung.hamster)

Terakhir adalah Mazda Vantrend. Sebelum Chevrolet mencoba menjual mobil station wagon, Mazda lebih dulu menjual Vantrend di tahun 1990-an. Populasi mobil ini cukup banyak di tahun 2000-an, namun kini sudah tergerus.

Layaknya mobil tahun 1990-an, Vantrend mengusung desain bodi mengotak dari depan hingga belakang. Bentuk bodi boxy kini sudah ditinggalkan, namun tidak lekang sebagai bahan modifikasi.

Mazda Vantrend bekas saat ini dijual dalam kisaran harga Rp 20-30 jutaan.

Loading