Sukses

Hyundai Luncurkan IONIQ 5 di IIMS 2022, Mobil Listrik Pertama Produksi Indonesia

Otosia.com PT Hyundai Motors Indonesia hari ini memperkenalkan mobil listrik mid-size IONIQ 5 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Kamis (31/3/2022).

Kehadiran IONIQ 5 menjadi sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air karena merupakan mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

 

 

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/red)

Next

Hyundai IONIQ 5 meluncur di IIMS 2022 (Otosia.com/Aditya Pranayaditya)

IONIQ 5 mengusung desain futuristik lengkap dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini diklaim memiliki banyak keunggulan yang dirancang khusus untuk model kendaraan BEV.

SungJong Ha, President Director of PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, "Kami merasa sangat senang karena hari ini Hyundai kembali menghadirkan kebanggaan baru sebagai bagian dari transformasi industri otomotif Indonesia. Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia."

 

Next

Hyundai IONIQ 5 meluncur di IIMS 2022 (Otosia.com/Aditya Pranayaditya)

"IONIQ 5 memiliki semua kelebihan yang selama ini diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang tak lekang oleh waktu, teknologi mutakhir, hingga kenyamanan yang maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling tepat dan dapat menjadi kebanggaan Indonesia," ujar Ha mengimbuhkan.

Menurut Ha, IONIQ punya kesan lebih mature dengan mewarkan beragam pengalaman dalam berkendara. Pun IONIQ 5 turut menjadi langkah strategis Hyundai untuk menyambut kebijakan pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri kendaraan listrik.

"IONIQ 5 ini menawarkan prinsip gaya hidup berkelanjutan dan pengalaman tanpa batas. Mobil listrik ini mengusung elemen yang mengangkat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi, salah satunya lewat kehadiran E-GMP yang membuat pelanggan memperoleh kenyamanan terbaik serta dukungan teknologi yang menjadikan petualangan mereka lebih berkualitas dan bermakna," imbuh Ha.

 

Next

Soal Platform E-GMP

Hyundai IONIQ 5 meluncur di IIMS 2022 (Otosia.com/Aditya Pranayaditya)

Menurut rilis resmi Hyundai, platform E-GMP memberikan berbagai manfaat termasuk peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

Selain itu, E-GMP dirancang untuk mengoptimalkan performa melibas tikungan dan memaksimalkan stabilitas berkendara dalam kecepatan tinggi.

 

Next

Hal ini diperlukan untuk distribusi bobot antara bagian depan dan belakang, yang memungkinkan pusat gravitasi rendah karena adanya low-mounted battery pack, dan implementasi motor listrik yang terletak di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin.

Platform ini mengamankan baterai melalui struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi. Komponen baja yang dibentuk melalui proses dipanaskan yang mengelilingi struktur ini juga memberikan kekokohan ekstra.

 

Next

Energi kinetik saat tabrakan dapat diserap secara efisien berkat dukungan di bagian penyerapan energi pada sisi body dan sasis, jalur beban energi yang efektif, serta bagian tengah dari pack baterai yang terikat erat ke badan kendaraan.

Loading